Pangdam Bukit Barisan Bantah Pulau di Nias Dikuasai Asing

Tuesday, April 6, 2010
By fune

Medan – Pangdam I Bukit Barisan, Mayjen TNI M. Noer Muis, membantah Pulau Asu dan Pulau Sinarano yang berada di kepulauan Nias telah menjadi milik warga Negara asing (WNA). “Dalam peraturan, tidak ada pulau yang boleh dimiliki asing,” kata Mayjen TNI M. Noer Muis usai rapat muspida di kantor gubernur Sumut di Medan, Senin (5/4).

Sebelumnya, beredar informasi jika Pulau Asu di Kabupaten Nias Barat dan Pulau Sinarano di Kabupaten Nias Selatan telah dikuasai WNA.

Pangdam menuturkan, pihaknya telah melakukan pengecekan kepada Pemkab Nias Barat dan Pemkab Nias Selatan mengenai kepemilikan Pulau Asu dan Pulau Sinarano. Dari keterangan dua pemkab itu dipastikan Pulau Asu dan Pulau Sinarano bukan atas nama WNA yang belum diketahui kewarganegaraannya tersebut.

Pangdam menjelaskan, infromasi yang didapat, WNA itu berdiam di kepulauan Nias setelah menikah dengan salah seorang masyarakat lokal. Kemudian, WNA yang belum diketahui namanya itu menanamkan modalnya untuk membangun berbagai prasarana, khususnya di bidang pariwisata di dua pulau tersebut.

Pihaknya menilai tindakan WNA itu tidak perlu dipermasalahkan jika tidak bertentangan dengan undang-undang termasuk peraturan daerah (Perda) yang berlaku di Pemkab Nias Barat dan Pemkab Nias Selatan. Bahkan sebaliknya, kata Pangdam, tindakan WNA itu dapat memberikan efek positif bagi warga sekitarnya karena memiliki peluang usaha untuk meningkatkan kesejahteraan penduduk setempat.

Namun, untuk menghindari masalah yang mungkin terjadi di belakangan hari, Pemkab Nias Barat dan Pemkab Nias Selatan perlu membuat perda tentang pembuatan prasaran pariwisata di dua pulau tersebut. Dia mencontohkan kemungkinan diberlakukannya daerah khusus di dua pulau itu yang akan menyebabkan larangan bagi warga sekitar untuk memasukinya. “Itu perlu diwaspadai agar tidak menimbulkan masalah,” kata Pangdam.

(tvOne)

2 Responses to “Pangdam Bukit Barisan Bantah Pulau di Nias Dikuasai Asing”

  1. 1
    jonesbaluta Says:

    maaf pak, mohon bapak pantau dilapangan. Pulau sitotolu samaleko dijual pada wna, bukan hak pakai atau sewa. pulau yang terjual itu bernama pulau sitotolu(samaleko) berada persis di depan desa baluta kecamatan Hibala,nias selatan.
    pulau samaleko dibeli oleh Mr.Met, asal Australia. Dengan mengatas namakan seorang konglomerat cina pulau telo. Kini di samaleko telah di bangun. LATUTI DE ZERO RESORT. 2buah hotel megah.

  2. 2
    dion Says:

    tolong disampaikan kepada pemerintah setempat agar daerah kita tidak di miliki oleh orang asing dan kalau boleh kita sebagai warga daerah setempat mengusir mereka dari tempat tersebut dengan alasan orang asing telah menguasai kawasan indonesia.

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

April 2010
M T W T F S S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930