Pemda Sigap, Warga Siaga

Tuesday, November 9, 2010
By Redaksi

Deputi Geofisika Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dr Prih Harjadi menyatakan, informasi prediksi gempa besar yang akan melanda Kepulauan Nias sebagai isu tidak berdasar. Pihaknya dan lembaga resmi lainnya tidak pernah menyatakan prediksi itu. Keganjilan lainnya, masih menurut BMKG adalah penyebutan tanggal akan terjadinya gempa. Sebab, sampai saat ini, belum ada satu teknologi pun dan juga pakar yang bisa mengetahui kapan pastinya gempa akan terjadi.

Tidak hanya itu, Nias Online juga menemukan beberapa kejanggalan terkait informasi prediksi itu, yang harusnya bisa menjadi acuan Pemda Nisel dan masyarakatnya agar tidak resah dan panik.

Pertama, sampai saat ini pemerintah pusat tidak pernah memberikan pengumuman resmi termasuk melakukan persiapan-persiapan antisipasi terkait prediksi gempa dan tsunami tersebut. Hal serupa juga tidak dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

Beberapa warga juga menyadari kejanggalan itu dan mengungkapkan keheranannya. “Heran juga, sampai sekarang, kami belum pernah lihat di TV mengenai sikap pemerintah pusat dan persiapan antisipasi. Pemberitaan semuanya soal gempa dan tsunami Mentawai dan erupsi Merapi,” kata mereka.

Kedua, di tingkat wilayah Kepulauan Nias saja, ternyata kehebohan informasi prediksi gempa itu terutama terjadi di Kabupaten Nias Selatan (Nisel) saja.

Sejumlah kontak Nias Online di luar Kabupaten Nisel mengaku tidak tahu mengenai informasi prediksi gempa tersebut. Beberapa warga Nisel juga kaget mengetahui kalau kehebohan terkait isu serupa tidak terjadi di wilayah Nias lainnya.

Dari penjelasan warga juga terungkap bahwa mereka tidak mendapatkan penjelasan atau klarifikasi mengenai keabsahan informasi prediksi gempa tersebut. Pada titik tertentu, keresahan dan kepanikan warga bisa dimaklumi mengingat mereka memiliki banyak koleksi trauma terkait gempa.

Seyogyanya, itu merupakan kewenangan pimpinan Pemda dengan meminta penjelasan ke lembaga resmi terkait, terutama dengan BMKG.

Sikap Pemda yang tidak kunjung mengklarifikasi keabsahan informasi tersebut kepada masyarakat selama hampir seminggu ini tak ayal menimbulkan tanda tanya. Beberapa warga sempat mengungkapkan kekuatiran mereka akan adanya pihak-pihak yang memanfaatkan isu tidak jelas itu untuk kepentingan politiknya. Sebab saat ini di Nisel sedang ramai soal masalah pilkada yang sarat dengan berbagai intrik politik.

“Bisa saja ini sebagai pengalihan dari masalah yang sedang memanas di Nisel, terutama soal Pilkada. Sepertinya ada yang memanfaatkannya untuk mendapatkan keuntungan dari situasi itu,” ujar beberapa warga yang tidak mau disebut namanya. Apakah keduanya saling terkait, tentu saja perlu dibuktikan dalam beberapa hari mendatang ini.

Nias Online sendiri, selain telah mencari klarifikasi pejabat BMKG dan ditampilkan melalui berita di situs ini, juga telah mengirimkan nomor kontak pejabat BMKG tersebut kepada Bupati dan Wakil Bupati Nias Selatan.

Pulau Nias berada di daerah rawan gempa. Dan itu bukan berita baru sama sekali. Gempa bisa terjadi kapan saja. Tidak ada yang bisa memastikan waktunya. Karena itu, siaga setiap saat adalah sikap yang tepat.

Kesiagaan yang hanya sewaktu-waktu, apalagi karena isu yang tidak jelas, tentu saja bukan sikap siaga yang baik. Selain akan membentuk rasa aman yang palsu (tidak bersiaga dan merasa aman setelah isu tidak terbukti), juga menguras energi dan emosi masyarakat.

Kesigapan Pemda adalah sikap bijaksana yang semestinya dimiliki. Kesigapan itu nampak dalam respons yang cepat dan tepat untuk memastikan keabsahan setiap informasi yang potensial meresahkan warga. Peredaran informasi yang tidak bertanggungjawab oleh orang-orang iseng, bukan kali ini terjadi di Pulau Nias. Di tingkat nasional pun hal serupa sering terjadi. Beberapa hari lalu, Jakarta dan warga sekitar Merapi dihantui oleh isu serupa.

Pemda yang sigap akan membentuk budaya siaga masyarakat secara wajar dalam mengantisipasi bencana. (Etis Nehe)

Tags:

One Response to “Pemda Sigap, Warga Siaga”

  1. 1
    chandra mendrofa Says:

    saya senang dengan pernyataan dari nias online karena mulai mengurangi keresahan dari masyarakat nias!

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

November 2010
M T W T F S S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930