DPRD G.Sitoli Sidak ke Puskesmas Olora

Monday, August 2, 2010
By nias

DPRD bersama Dinas Kesehatan kota Gunungsitoli, Jumat (30/7), melakukan kunjungan mendadak ke Puskesmas Olora Kecamatan Gunungsitoli Utara, untuk menindak lanjuti laporan dari masyarakat dan melhat langsung pelayanan kesehatan.

Anggotas DPRD yang sidak ke Puskesmas Olora yakni Ridwan Saleh Zega, Filifo Waruwu, Jon Kristian Ziliwu, Temani Halawa, Arosõkhi Harefa , Fince SS Gea, Yanto dan Yasman Zebua.

Menurut Ridwan Sleh Zega bahwa adanya laporan masyarakat secara tertulis kepada DPRD kota Gunungsitoli tentang seringnya bolos beberapa staf dan bidan di puskesmas Olora pada jam kerja, dan juga bidan tidak berada di tempa tugas.

Selain itu menurut informasi yang di terima DPRD bahwa di puskesmas Olora sering terjadi kekosongan obat, sehingga masyarakat sering tidak terlayani dengan baik dan juga penempatan beberapa staf menumpuk di puskesmas sementara banyak puskesmas pembantu yang kosong.

Sementara Kepala Puskesmas Olora Enmawarlin Zega SKM menjelaskan kepada anggota dewan bahwa kondisi pelayanan di Puskesmas Olora selama ini telah maksimal, namun juga menyadari pasti ada kelemahan kelemahan, baik penempatan beberapa bidan desa maupun kehadiran sfaf di kantor.

Di akuinya adanya kekosongan obat di bulan Januari sampai April 2010, dan itu karena tidak ada pasokan obat dari tingkat dua sehingga pihaknya tidak bisa melayani masyarakat yang mau berobat. “Tapi saat itu kami hanya melayani masyarakat dengan sistim rujukan ke rumah sakit umum Gunungsitoli,” katanya.

Kadis Kesehatan Kota Gunungsitoli di wakili sekertaris Mendreis Dachi membenarkan bahwa obat di kota Gunungsitoli dari bulan Januari sampai April 2010 sempat kosong dan itu di sebabkan karena anggaran obat masuk di APBD Pemkab Nias. Dinas Kesehatan kota telah mengirim surat ke Pemprovsu dan saat ini sudah dapat teratasi. (www.harian-global.com – 2 Agustus 2010)

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

August 2010
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031