Pasca Pemekaran Kab Nias, Ketum DPP HCMNI Silaturrahmi dengan Pemuka Masyarakat Nias

Monday, May 11, 2009
By nias

Medan – Ketua Umum (Ketum) DPP Himpunan Cendikiawan Muslim Nias Indonesia (HCMNI) Ali Yusran Gea SH MKn baru-baru ini mengadakan silaturrahmi dengan sejumlah pemuka masyarakat Nias yang berdomisili di Jakarta, Medan dan Kabupaten Nias. Hal ini dilakukan karena akan digelarnya pemilihan walikota dan wakil walikota Gunungsitoli 2010.

Kepada pers Minggu (10/5) di Medan, Ali Yusran Gea bersama Sekretaris Umum Adnan Syam Zega SH MSi dan Wakil Sekretaris Jihad Tanjung SPdI menjelaskan, silaturrahmi itu sebagai langkah awal membicarakan kondisi sosial, politik dan ekonomi masyarakat Nias pasca pemekaran serta menyikapi terjadinya perubahan kultur demokrasi dan struktur sosial di Nias, khususnya di wilayah Pemko Gunungsitoli.

Selain itu kata Gea yang juga Dosen Fisip UMSU, temu silaturrahmi guna membicarakan bagaimana membangun silaturrahmi antara sesama masyarakat Nias di perantauan atau yang bermukim di Nias serta hal lain menyangkut berbagai perubahan di kampung halaman.

Kata Gea, pemuka masyarakat Nias yang dikunjungi di antaranya H Daniel Tanjung mantan anggota DPR RI, Drs H Zakaria Lafau MM mantan Bupati Nias di Jakarta. Sedangkan di Medan Drs H Taroni Hia mantan Kadisdiknas Sumut, Letkol (Purn) Bassir Tanjung mantan Waka Polres Nias, H Ahmad Taher Telaumbanua dan Syarif Helmi Harefa serta beberapa lainnya.

Sementara itu dalam kunjungan ke Nias, dia bersilaturrahnmi dengan Ketua MUI Nias Drs H Ja’far Muis Harefa, Ketua PCNU Cab Nias Abd Majid Chaniago SE, Ketua PB Muhammadiyah Nias H Sofyan Datuk Sati, Ketua PD Alwasliyah Nias Bastari Marikan SPd, Ketua HCMNI Nias Drs Sudirman Waruwu, tokoh adat Dang Rumandung Chaniago serta sejumlah elemen masyarakat Nias di Kota Gunungsitoli.

Pertemuan lanjutan di rumah Drs H Zakaria Yahya Lafau mantan Bupati Nias Minggu (10/5) menghasilkan bahwa Pimpinan Pusat HCMNI telah menjadi wadah perekat antara sesama masyarakat Nias. Untuk itu Pimpinan Pusat HCMNI akan segera melakukan konsolidasi dan sosialisasi dalam rangkaian mensiasati pemekaran dengan melibatkan semua elemen.

Dia berharap terjalin silaturrahmi dan mudah-mudahan dapat mengesampingkan kepentingan kelompok yang prakmatis dan sebaliknya menghasilkan buah pikiran mewujudkan kehidupan masyarakat Nias yang lebih baik. (SIB, 11 Mei 2009)

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

May 2009
M T W T F S S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031