Kesehatan dan Pendidikan Masalah Serius di Nias

Thursday, November 17, 2011
By nias

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN – Sebagai daerah kepulauan yang masuk dalam sub bagian Sumatera Utara, Nias, boleh jadi masih tertinggal dalam beberapa hal.

Pendidikan dan kesehatan yang kurang baik, menjadi ekspos utama di beberapa kawasan ini. Seperti penuturan Area Manager Yayasan Obor Berkat Indonesia (OBI) cabang Nias, Bernart, Rabu (16/11).

Ditemui saat berada di Hotel Soliga Jalan Diponegoro, Gunung Sitoli, Nias, ia mengaku dari dua masalah tadi yang menjadi masalah kritis sebenarnya di segmen kesehatan. Ekonomi masyarakat yang belum layak, ditambah akses menuju lokasi warga yang cukup sulit, membuat distribusi pakan yang pantas tidak bisa terpenuhi.

“Kalau mencari orang kaya di Nias ini cukup mudah. Tetapi jika mencari orang miskin cukup sulit. Mereka umumnya berada di hutan-hutan atau perkampungan yang lokasinya sangat sulit ditempuh baik melalui jalan kaki maupun menggunakan mobil off road,” ungkapnya.

OBI yang bergerak dalam bidang kesehatan dan pendidikan di Nias, melihat meski mereka memberikan sosialisasi dan pemahaman dalam hal kesehatan termasuk memberikan bantuan, tidak terprogres dengan baik.

Ia mencontohkan, setiap rentang waktu dua atau tiga bulan, pihaknya yang merawat abnak-anak bergizi buruk sebanyak 20-30 orang, nyatanya setelah sehat akan kembali seperti semula. Hal itu diakibatkan, asupan atau suplai kebutuhan gizi bagi anak yang usai sembuh tidak terpenuhi secara berkala.

“Sia-sia tidak, tetapi harusnya ada keberlajutan yang ditanggapi pemerintah lokal dari apa yang kami lakukan. Memang benar, masalah kesehatan yang terjadi di Nias ini sudah lintas sub dinas. Artinya, jika kesehatannya kita bantu, bagaimana dengan ekonomi dan pendidikannya yang masih ambigu,” ujarnya. (Irf/tribun-medan.com)

Sumbber: Tribun Medan, 17 November 2011

One Response to “Kesehatan dan Pendidikan Masalah Serius di Nias”

  1. 1
    bijak Says:

    Surat Bantahan Dari Area Manager OBI Cabang Nias Bernard

    Selasa, 22 November 2011 16:30 WIB

    Salam Hormat,

    Dalam hal ini kami sengaja melampirkan gambar surat resmi yang menunjukkan bantahan yang diajukan Area Manager Cabang Nias Bernard kepada tribun-medan.com.

    Saya, Irfan, yang menuliskan berita tersebut memohon maaf karena telah membuat masyarakat resah di kepulauan Nias. Berita sendiri saya tulis berdasarkan pengalaman saya berkunjung ke Nias beberapa waktu lalu sekaligus berbincang-bicang dengan teman dan saudara saya yang kebetulan ada di daerah tersebut.

    Semua kata-kata dan berita di artikel yang saya buat, juga sebelumnya tidak pernah diinformasikan kepada saudara Bernard untuk digunakan dalam kepentingan berita dan saya tidak melakukan wawancara secara resmi oleh saudara Bernard atas nama seorang jurnalis.             

    Saya juga ingin menyampaikan, penulisan berita dan keruhnya suasana di beberapa situs akibat berita yang saya buat, tidak ada  hubungannya dengan kegiatan Tango Peduli Gizi Anak Indonesia 2011, yang digelar 16-18 November 2011.

    Demikian ucapan maaf dan lampiran bantahan pernyataan OBI Nias kepada situs kami tampilkan, dan mudah-mudahan tidak ada lagi kemarahan masyarakat Nias kepada OBI ataupun kepada pihak situs tribun-medan.com.

    Salam hormat,
    Irfan Azmi Silalahi

    Penulis : Irfan Azmi Silalahi
    Editor : Irfan Azmi Silalahi

    Link Berita:
    http://medan.tribunnews.com/mobile/index.php/2011/11/22/surat-bantahan- dari-area-manager-obi-cabang-nias-bernard

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

November 2011
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930