Peringatan dari Microsoft: Internet Explorer Sedang Cacat

Tuesday, February 1, 2011
By nias

Microsoft memperingatkan para pengguna web browser buatannya: Internet Explorer agar hati-hati karena komputer mereka bisa disusupi oleh para hacker.

Raksasa piranti lunak ini mengeluarkan peringatan serius keamanan menjelajah internet menggunakan Internet Explorer karena adanya kerentanan yang bisa mempengaruhi semua sistem operasi buatan Microsoft termasuk Windows XP (SP3), Windows Vista, Windows 7, Windows Server 2003 dan Windows Server 2008 (R2). Hal ini disebabkan Internet Explorer yang merupakan bagian dari sistem-sistem operasi itu mendukung pemakaian berkas-berkas MHTL, dalam mana masalah ditemukan.

Karena web browser lain seperti Firefox, Google Chrome dan Safari tidak mendukung pemakaian berkas-berkas MHTM, mereka tidak terpengaruh oleh ancaman serius ini.

Microsoft mengatakan masalah keamanan ini ditemukan pada sistem operasi Windows. Sedemikian jauh Microsoft belum mampu menghilangkan masalah ini; Mincrosoft hanya mengeluarkan program penambal keamanan (security patch) untuk memblok setiap usaha untuk memanfaatkan kerentanan itu.

Semua pengguna Windows, khususnya pengguna Internet Explorer disarankan untuk mengunduh penambal (patch) itu sambil menunggu tim keamanan Microsoft menghilangkan masalah itu secara permanen.

Microsoft melukiskan kerentanan ini sebagai masalah yang sangat serius bagi sekitar 900 juta pengguna Internet Explorer, walau diyakini belum ada hacker yang mengekploitasinya.

“Seorang penyerang bisa mengkonstruksi sebuah tautan HTML yang dirancang untuk memicu skrip yang berbahaya dan meyakinkan pengguna untuk mengkliknya. Ketika pengguna mengklik tautan itu, skrip yang berbahaya itu akan beroperasi di komputer pengguna selama Internet Explorer dijalankan,” kata Angela Gunn, jurubicara Microsoft hari Jumat lalu.

“Skrip semacam itu bisa mengumpulkan informasi tentang pengguna (seperti email), mengambil isi tayangan browser atau mengganggu operasi penjelajahan internet,” katanya. (TI/brk*)

One Response to “Peringatan dari Microsoft: Internet Explorer Sedang Cacat”

  1. 1
    Jafar Says:

    Sebenarnya saya pernah dengar pengguna IE gampang sekali dibobol, dan indikasinya mengarah pada hacker jerman.. Maaf ya kalau informasi yg saya dapat ini mungkin saja salah, .

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

February 2011
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28