LPP Otda Nias-Sumut Minta KPU Sumut Tegas

Saturday, September 25, 2010
By borokoa

Medan – Lembaga Pengkajian dan Penerapan Otonomi Daerah (LPP Otda) Nias-Sumatera Utara meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut bersikap tegas terhadap KPU kabupaten/kota yang terindikasi melanggar peraturan.

Hal itu disampaikan Ketua Umum LPP Otda Nias-Sumut Naha’ro Lahagu, Kamis (23/9), usai beraudiensi dengan KPU Sumut di Jalan Perintis Kemerdekaan.

Naha’ro mendukung penuh keputusan KPU Sumut yang menindak tegas KPU Nias Selatan (Nisel) yang dinilai menyalahi peraturan dan tidak tunduk pada undang-undang. Pihaknya juga meminta agar praktek politik uang yang kerap terjadi di setiap pemilihan langsung diawasi secara ketat. “KPU Sumut harus bersikap tegas kepada KPU kab/kota terutama Nisel,”katanya.

Jika KPU Sumut menilai pelaksanaan Pilkada di Nisel masih rawan akan kecurangan terutama yang terjadi di Nisel, maka perlu ada pengawasan dan antisipasi menyelenggarakannya atau langsung diambil alih oleh KPU Sumut.

Naha’ro juga meminta agar calon kepala daerah yang terindikasi melanggar adminsitratif atau tidak memenuhi syarat pencalonan dapat dianulir kembali. Sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan atau diuntungkan.

Pembina LPP Otda Nias-Sumut Aliosokhi Fau mengatakan, selain persoalan ketegasan terhadap komisioner di kabupaten/kota. Dia juga meminta KPU untuk serius dalam pemutakhiran data pemilih. Karena pengalaman pemilu lalu ketika jumlah pemilih bisa lebih besar dari DPT sangat menjatuhkan kredibilitas penyelenggara.

“Kita tidak mau peristiwa pemilu lalu terulang ketika jumlah pemilih lebih besar dari jumlah DPT. Ini kan berarti ada permasalahan,” ujarnya.

Anggota KPU Sumut Turunan B Gulo menegaskan, pihaknya tidak akan membiarkan pilkada di Nisel bermasalah kembali. Karena pihaknya sudah diingatkan oleh KPU pusat untuk serius dalam mengawasi dan memberikan supervisi di pilkada Nisel, dan kawasan Nias lainnya.

Diyakininya jika pilkada Nisel dilepas begitu saja tanpa melihat aturan dan undang-undnag yang berlaku maka apapun hasil pilkada akan rentan dengan gugatan. Bahkan sangat berpotensi untuk diulang kembali.

Sejumlah pengurus yang turut hadir dalam audiensi tersebut antara lain Wakil ketua Menanti Bago, Bndahara Filianus Waruwu, Ketua Bidang Pemerintahan Otonomi Daerah Funaro Nazara, Wakil Bendahara Akari Gowasa, Bidang Olahraga dan Pemuda Bahagia Gowasa dan Bidang pengkaderan Faogoaro Lase. (SIB, 25-09-2010)

Tags:

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

September 2010
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930