Program Listrik Desa Dibangun di Kecamatan Afulu

Thursday, September 2, 2010
By borokoa

Gunungsitoli – Terkait dengan harapan masyarakat, jaringan listrik di Kecamatan Afulu sedangan dibangun melalui program listrik perdesaan sepanjang sembilan kilometer dari anggaran APBN.

Hal itu ditegaskan Kepala PLN Cabang Nias, Didit Hadisantoso di dampingi Lelan Hasibuan yang ditemui Analisa di ruang kerjanya Jalan Yos Sudarso Gunungsitoli, Selasa, (31/8).

“Permintaan masyarakat untuk pembanguan jaringan listrik di wilayah tersebut sebelumnya telah kita terima. PLN Cabang Nias telah mengusulkan hal itu kepada pihak PLN wilayah dan Pusat. Tentunya PLN Nias hanya menunggu realisasi dari pihak PLN Pusat sebagai penentu kebijakan untuk realisasi pembanguan jaringan tersebut,” sebutnya.

Pembangunan jaringan listrik merupakan program Dirjen LPE Kementerian ESDM RI kerjasama dengan PLN. PLN Nias pada program ini hanya sebatas pengawasan.

Ditanya tindak lanjut pembanguan jaringan listrik hingga masuk ke Kecamatan Afulu nantinya, Didit mengatakan, untuk hal itu jika ada tahap kedua dari program Listrik Pedesaan tentunya hal itu akan diusulkan kembali. Tetapi dari PLN Cabang Nias tetap komit dan menunggu realisasi usulan dari pihak PLN yang lebih atas.

Kepala PLN Cabang Nias mengharapkan dukungan dari pemerintah Kabupaten Nias Utara, baik pemerintah kabupaten maupun legislatif bersama-sama mendorong dan meminta PLN pusat segera merealisasikan usulan tersebut.

Kemudian, Ia juga mengakui persoalan pembanguan jaringan listrik untuk masyarakat merupakan persoalan nasional dan tidak hanya dirasakan oleh masyarakat Nias masyarakat di Pulau Nias. Secara nasional pembanguan jaringan listrik belum seluruhnya tersentuh baru sekitar kurang lebih 60-65 persen.

Sementara di Pulau Nias baru dapat terealisasi sekitar 43 persen. Tentu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, karena harus di evaluasi terlebih dulu tentang neraca daya PLN Cabang Nias. Tetapi untuk saat ini daya listrik di Pulau Nias sudah mencukupi.

Terkait dengan sering padamnya lampu akhir-akhir ini Didit mengatakan, bukan karena sengaja dipadamkan ataupun adanya pemadaman bergilir namun hal ini disebabkan banyaknya gangguan jaringan akibat cuaca buruk.

Ditanya tentang tindak lanjut rencana pengembangan kelistrikan pembangunan PLTD berbahan bakar MFO, dia mengatakan hingga saat ini pihaknya masih menunggu proses pembebasan lahan dari Pemerintah Kota Gunungsitoli.

Tahapan-tahapan yang akan dilakukan dalam pembangunan itu yakni studi kelayakan, survei dan pelelangan serta tahap pengerjaan yang akan dilakukan oleh Independent Power Production (IPP). (www.analisadaily.com)

One Response to “Program Listrik Desa Dibangun di Kecamatan Afulu”

  1. 1
    agus Says:

    saya telah membaca dan mengetahui-nya secara pribadi saya sendiri muda-mudahan tercapai aku akan berdoa bagi kecamatan afulu

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

September 2010
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930