Hari Kasih Sayang (Valentine’s Day)

Wednesday, February 14, 2007
By nias

Hari Kasih Sayang (Valentine’s Day) ternyata sudah sangat “dikenal” di Indonesia. Setiap atau menjelang tanggal 14 Februari setiap tahun, orang-orang mengirim (menerima) “tanda” kasih sayang kepada (dari) orang-orang yang “disayanginya”: email kasih sayang, kartu kasih sayang, bunga kasih sayang, sms kasih sayang, pesan kasih sayang lewat chat, dan berbagai lambang dan tanda kasih sayang lainnya.

Dengan menekan tombol-tombol papan ketik di komputer atau telefon genggam, setiap orang bisa mengirim puluhan atau ratusan “ucapan” kasih sayang pada hari kasih sayang ini. Apakah hari kasih sayang akan membuat dunia ini lebih aman, lebih damai dan penuh dengan aroma kasih sayang, hanya waktu yang akan mengungkap.

Dari mana dan sejak kapan sebenarnya “Hari Kasih Sayang” itu muncul ?

Hari kasih sayang sebagaimana kita kenal sekarang mengandung sisa-sisa tradisi Kristen dan Romawi. Dalam Gereja Katolik ada 3 orang kudus (Santo) yang bernama Valentinus (Valentine), ketiga-tiganya adalah martir. Santo Valentinus yang berhubungan dengan Hari Kasih Sayang, menurut legenda, adalah seorang pastor yang hidup dan berkarya di Roma pada abad ketiga.

Pada waktu itu Kerajaan Romawi sangat membutuhkan anak-anak muda untuk angkatan perangnya. Kaisar Klaudius II mengetahui bahwa anak-anak muda jauh lebih baik dalam medan tempur dari pada laki-laki yang telah berkeluarga. Maka Klaudius mengeluarkan sebuah dekrit yang melarang anak-anak muda menikah.

Valentinus menganggap dekrit ini sebagai suatu ketidakadilan. Ia tak menghiraukannya dan terus saja memberkati pernikahan pasangan anak-anak muda secara sembunyi-sembunyi. Pada akhirnya kegiatan Valentinus yang “melawan hukum” ini tercium oleh Klaudius dan memerintahkan agar Valentinus dihukum mati. Ada juga cerita yang mengatakan bahwa Valentinus mungkin dibunuh ketika berusaha menolong orang-orang Kristen melarikan diri dari penjara-penjara Roma karena penyiksaan yang mereka alami.

Menurut sebuah legenda, Valentinuslah yang pertama kali mengirim ucapan kasih sayang (Valentine Greeting). Sewaktu di penjara, Valentinus dipercaya jatuh cinta pada seorang gadis, yang (juga menurut legenda) tiada lain adalah putri seorang pejabat yang memenjarakannya. Putri ini sering mengunjungi Valentinus di penjara.

Sebelum meninggal, Valentinus mengirim surat kepada kekasihnya itu yang diakhirinya dengan ucapan “Dari Valentinus-mu” (From Your Valentine), ungkapan yang masih digunakan hingga saat ini.

Kita tidak tahu sejauh mana kebenaran legenda Valentinus yang simpatik, heroik dan (yang paling utama …) romantis itu. Akan tetapi sekurang-kurangnya Valentinus berhasil menorehkan “legenda kasih sayang” ke hati insan-insan yang hidup di abad modern ini. (e.halawa)

Sumber: www.history.com

10 Responses to “Hari Kasih Sayang (Valentine’s Day)”

  1. 1
    Berkat Says:

    Setelah saya baca saya jadi tau gambaran tentang hari Valentine yang jatuh pada hari ini. Dengan demikian saya juga ucapkan kepada istri tercinta saya diRumah “HAPPY VALENTINE SEMOGA KASIH SAYANG TETAP UTUH SEPERTI KASIH SAYANG TUHAN KEPADA UMATNYA” Tiada kata selain mengucapkan kepada kita semua “HAPPY VALENTINE DAY”

    GOOD LUCK FOREVER
    Fr berkat batam

  2. 2
    budhi_zend Says:

    Happy valentine all
    GBUs.

  3. 3
    Jenk Iskhan Says:

    Menurut Axelrod, Oster, and Rawls, “The Penguin Dictionary of American Folklore” (2000), 14 Februari adalah tanggal meninggalnya 2 syuhada Katolik (martyr saints). Pertama, seorang pastor yang juga dokter, dibunuh oleh Kaisar Romawi Claudius II Gothicus; yang satunya lagi uskup dari Terni, Italia.

    Sejak abad ke-14 Valentine’s Day dihubungkan dengan cinta dan percintaan. Saat ini, versi modernnya bersifat sekuler; kemungkinan artinya diambil dari pesta rakyat Romawi yang disebut Lupercalia. Dalam pesta itu, para pemuda mengambil nama gadis dalam sebuah bejana. Di Amrik pada abad ke-19 para pemuda menarik nama gadis calon kekasihnya dari dalam sebuah topi dalam permainan pesta (play-parties). Alasan lain, 14 Februari merupakan tanggal awal burung-burung mulai bercumbu.

    Dewasa ini, Valentine’s Day diperingati dalam pesta-pesta sekolah disertai pertukaran kartu bergambar, kembang gula, dan kado. Orang dewasa sering memberi hadiah berharga berupa perhiasan untuk kekasihnya. Semua bertujuan mengekspresikan rasa kasih sayang.

    🙂 Valentine’s Day yang sekuler hanya sehari, namun spirit kasih sayang sejati hendaklah hari lepas hari.

  4. 4
    Redaksi Says:

    Bang Jenk, terima kasih atas tambahan informasi Anda tentang Hari Kasih Sayang.

  5. 5
    Ono Niha Zebua Says:

    For All,

    Yang Pastinya Hari Kasih Sayang (Valentein Day) Jangan disalah gunakan oleh muda-mudi untuk Free Sex and Free Kiss. Nanti Hari Kasih Sayang disalah artikan untuk seks bebas dan ciuman bebas ( Valentein Day’s for free sex and free kiss.

    Yoiiiiiiiiiii…………!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  6. 6
    ayoung Says:

    kasih sayang ntu,,,,,,,,,,,,,, biken aq bingung Aj,…..
    kadang bisa biken seneng,?????? tp kadang bkin rang steREZZZZ…………….

    TP.,,,, YANG PZTY, KLAU kita disayang pzty kiTA bahaGIA NngeTZ…………

    from: dhINdhA_DErry

  7. 7
    INTAN ROSSA LINDA Says:

    HAPPY VALENTINE SAYANGKU ENALCKZ K
    SEMOGA CINTA KASIH KITA ABADI UNTUK SELAMANYA
    I LOVE YOU AND I KISS YOU SO MUCH

  8. 8
    Marcho Imbir Says:

    Hari Kasih Sayang bukan hanya dirayakan oleh orang yang sedang memadu kasih namun dirayakan oleh semua orang yang memiliki kasih di hatinya karena ^^” Kasih itu sabar, Kasih itu murah hati, ia tidak cemburu, ia tidak memegahkan diri dan tidak sonbong “^^
    Yang menentukan kualitas dan kebahagiaan hidup manusia bukan apa yang ada pada dirinya… bukan pula kekayaan… melainkan keberadaannya sebagai manusia, hatinya, watak kemanusiaannya seperti ” KASIH ”
    Met merayakan HKS… Moga kasih tu sll ada di HATImu…GBU…

  9. 9
    Marcho Imbir Says:

    Hari Kasih Sayang bukan hanya dirayakan oleh orang yang sedang memadu kasih namun dirayakan oleh semua orang yang memiliki kasih di hatinya karena ^^” Kasih itu sabar, Kasih itu murah hati, ia tidak cemburu, ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong “^^
    Yang menentukan kualitas dan kebahagiaan hidup manusia bukan apa yang ada pada dirinya… bukan pula kekayaan… melainkan keberadaannya sebagai manusia, hatinya, watak kemanusiaannya seperti ” KASIH ”
    Met merayakan HKS… Moga kasih tu sll ada di HATImu…GBU…

  10. 10
    silly Says:

    Hari kasih sayang bukan untuk para remaja saja.tapi kasih sayang kita juga dapat kita berikan untuk kedua orang Tua,sebagai balas budi kita kepada mereka …motoko untuk para teman-temanku” jadikanlah dirimu bagai mawar yang tumbuh di pingir jurang yang ganpang dilihat tapi sulit untuk dipetik…..happy valentine day.

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

February 2007
M T W T F S S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728