Gunungsitoli, (Analisa) – Pasangan Drs Martinus Lase, M.SP dan Drs Aroni Zendratö (MADANI) menangkan pemilihan kepala daerah (pilkada) Gunungsitoli, yang digelar 2 Pebruari 2011.

Pasangan ini dinyatakan menang telak mengungguli kedua rivalnya dengan raihan suara 27.162 atau 51 persen, disusul pasangan Drs Kemurnian-Temazaro Harefa (Murni-Zaro) 17.729 atau 34 persen, dan pasangan Leny Trisnady-Armansah Harefa SE (Lentera) 8.030 suara atau 15 persen.

Keputusan ini disampikan melalui sidang pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Dearah Kota Gunungsitoli, Selasa, (8/2) di Wisma Soliga Gunungsitoli dalam Surat Keputusan (SK) KPU Kota Gunungsitoli Nomor 04/ Kpts/KPU-K.GST.2011.

Kemenangan pasangan “MADANI” tersebut, setelah dilakukan rekapitulasi mulai dari PPS hingga tingkat KPU Kota Gunungsitoli, dinyatakan hampir tidak ditemukan permasalahan berarti. Hal ini dinyatakan oleh Ketua Panwaslukada Kota Gunungsitoli, Asalman Telaumbanua pada sambutanya pada rapat pleno tersebut.

Ia mengakui, pihaknya telah berkerja maksimal dalam melakukan pengawasan, dan hampir tidak ditemukan kecurangan atau pelanggaran Pemilukada yang berarti.

Hal yang sama juga dikemukanan Kapolres Nias, AKBP Wawan Munawar, S.Ik M.Si. Dia mengatakan Pemilukada Kota Gunungsitoli cukup menggembirakan, karena berjalan dengan baik dan kondusif. Hal ini merupakan dukungan semua lapisan masyarakat Kota Gunungsitoli.

“Pemilukada Kota Gunungsitoli terbaik se Sumatera Utara, bahkan bila mungkin jika hingga pelantikan Walikota dan Wakil Walikota tidak ada permasalahan maka Pemilukada Kota Gunungsitoli memungkin menjadi Pemilukada terbaik se Indonesia”, kata Kapolres Nias.

Sementara Pj Walikota Gunungsitoli, Ir Lakhömizaro Zebua mengatakan, pihaknya telah menjalankan tugasnya untuk memfasilitasi Pemilukada Kota Gunungsitoli dengan baik dan kondusif.

Serta ia mengungkapkan hasil Pemilukada Kota Gunungsitoli yang berjalan kondusif tersebut akan segera dilaporkan kepada Gubernur Sumatera Utara, dan Mendagri di Jakarata.

Wakil Ketua DPRD Hadirat ST Gea dalam sambutanya mengatakan, Pemilukada Kota Gunungsitoli merupakan Pemilukada terbaik sepanjang pesta demokrasi di Kepulauan Nias.

Untuk itu, ia mengharapkan kepada pimpinan tertinggi Polri untuk memberikan pengharagan terbaik kepada Kapolres Nias yang telah mengamankan dan mengawal tahapan demi tahapan Pemilukada Kota Gunungsitoli sehingga berjalan dengan baik dan kondusif.

Ketua KPU Kota Gunungsitoli, Drs Aroli Hulu, MM didampingi empat anggota KPU lainya masing-masing, Hamdan Telaumbanua SH, Asli Zendratö SH, Arifin Telaumbanua SH, Drs Edizon Parlindungan Laoli, tahapan Pemilukada telah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Sehingga rapat pleno penetapan calon terpilih Walikota dan Wakil Walikota pasangan Drs Martinus Lase, M.SP dan Drs Aroni Zendratö sudah sesuai dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum.

Sebelumnya Ketua Pokja Hamdan Telaumbanua SH mengatakan, dalam pemiludaka Kota Gunungsitoli antusias masyarakat menggunakan hak pilihnya cukup tinggi, 81 997 pemilih yang terdaftar, 67 persen menggunakan hak pilihnya. (kap) (Sumber: www.analisa.daily.com – 10 February 2011)

Facebook Comments