Sir Edmund Hillary, orang pertama yang mencapai puncak Gunung Everest, meninggal dunia karena serangan jantung di Rumah Sakit Auckland, Selandia Baru, Jumat (11 Januari 2008) pagi jam 9.00 waktu setempat. Demikian pernyataan Badan Kesehatan Distrik Auckland. Hillary meninggal pada usia 88 tahun.

Perdana Mentri Selandia Baru, Helen Clark, mengenang Hillary sebagai seorang “Colossus”, sebuah pernyataan yang menyejajarkannya dengan seorang tokoh fiksi ciptaan Len Wein dalam komik Marvel.

“Ia seorang Kiwi tulen. Ia milik kita – dari penampilannya yang bagai cadas yang menjulang dan gayanya berbicara singkat tapi mengungkapkan banyak hal hingga keterusterangan dan kejujurannya. Seluruh rakyat Selandia Baru menangisi kepergiannya,’ kata Clark.

Dari informasi di Wikipedia, Edmund Hillary adalah seorang pendaki gunung dan penjelajah; ia lahir pada tanggal 20 Juli 1919. Pada tanggal 29 Mei 1953 ia dan Tenzing Norgay, seorang pendaki gunung asal Nepal menjadi pendaki pertama yang dikenal mencapai puncak Gunung Everest. Mereka adalah Bagian dari ekspedisi Inggris ke sembilan ke Everest, yang dipimpin oleh John Hunt.

Edmund Hillary adalah anak dari pasangan Percival Augustus Hillary dan Gertrude Hillary, dan dilahirkan di Tuakau, selatan Auckland. Kakek dan neneknya merupakan pendatang pertama di Wairoa bagian utara pada pertengahan abad 19, setelah beremigrasi from Yorkshire. Hillary mengenyam pendidikan di Auckland Grammar School. Perjalanannya ke dan dari sekolah dengan bus menghabiskan waktunya sekitar 4 jam sehari. Dalam bis dia menghabiskan sebagian besar waktunya untuk membaca. Pertumbuhannya fisiknya terhambat, hal ini kelihatan dari ukuran fisiknya yang lebih kecil dari teman-teman sebayanya. Hal ini membuatnya malu dan rasa malu ini membuatnya ‘melarikan diri’ membaca buku-buku dan mengkhayalkan suatu kehidupan yang penuh dengan petualangan.

Pada umur 16 ia tertarik pada pendakian gunung setelah kunjungan sekolahnya ke Gunung Ruapehu. Meskipun kurus dan tak terkoordinasi, ia mendapatkan dirinya cukup kuat secara fisik ketimbang teman-temannya. Pada tahun 1939 ia menyelesaikan pendakian penting yang pertama, mencapai puncak Gunung Oliver in Southern Alps, Selandia Baru.

Atas prestasinya menaklukan Everest, Edmund Hillary mendapat berbagai penghargaan. Hillary merupakan orang Selandia Baru pertama yang masih hidup yang gambarnya menghiasi lembaran uang kertas. Gambarnya muncul pada uang kertas 5 dollar Selandia Baru pada tahun 1992.

Pada peringatan 50 tahun penaklukan Everest, pemerintah Nepal menganugerahkan kewargaan kehormatan kepada Hillary pada suatu peringatan khusus di Kathmandu. Penghargaan lain termasuk: Knight Commander of the Order of the British Empire (KBE) pada tanggal 6 Juni 1953, anggota Order of New Zealand (ONZ) pada tahun 1987 dan lain-lain. (*)

Facebook Comments