Anggota KPU Sumut Diancam Bunuh

Tuesday, September 7, 2010
By susuwongi

Medan, (Analisa) — Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut, Turunan B Gulo menerima ancaman bunuh dari orang tak dikenal. Ancaman itu disampaikan melalui pesan singkat.

“Ancaman ini ada kaitannya dengan penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Nias Selatan,” kata Ketua KPU Sumut, Irham Buanan Nasution SH MHum didampingi Turunan B Gulo, kepada wartawan, Rabu (1/9) di gedung KPU Sumut Jalan Perintis Kemerdekaan Medan.

Disebutkan Irham, orang tak dikenal yang menyampaikan ancaman melalui pesan singkat yang masuk ke telepon genggam milik Gulo menyatakan, “Bung Turunan, cukuplah sudah intervensi yang anda lakukan terhadap KPU Nias Selatan. KPU Nisel anda buat seperti anak-anak. Ku pikir ada juga batas kesabaran kami orang Nisel. Semua pembicaraan anda baik langsung maupun via hp kepada mereka, telah ada di tangan kami transkripnya. Tentu sebagai teman kami peringatkan saudara supaya tidak terkejut kalau suatu saat nanti anda dibunuh orang tak dikenal akibat ulah anda sendiri. Bertobatlah, berikan kemandirian kepada KPU Nisel. Anda sekarang terus diintai terus, dan apabila KPU Nisel terus mengeluh, maka terpaksa anda akan kami eksekusi. Sekian info untuk anda sebelum kami bertindak”.

Atas ancaman itu, KPU Sumut Rabu kemarin resmi membuat pengaduan secara tertulis ke Mapoldasu, sekaligus memohon perlindungan.

Irham menyebutkan, ancaman-ancaman seperti hal biasa yang diterima anggota KPU. Namun tidak menyurutkan untuk menegakkan kebenaran. Bahkan, lanjut Irham, dirinya pernah dipanah saat bertugas di Lembaga Bantuan Hukum Medan.

“Pemilu legislatif kemarin kami juga diancam akan dibunuh. Jadi ha seperti adalah biasa,” ujar Irham Buana.

Pasangan Calon

Dijelaskan Irham, Pilkada di Nisel akan digelar pada 2 Desember 2010, dan saat ini tahapan yang sedang berjalan adalah proses pencalonan pasangan calon kepala daerah. KPU Nisel sudah sampai pada tingkat pengumuman pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah.

Dalam proses itu terdapat 7 pasangan calon kepala daerah, 1 diantaranya dinyatakan tidak memenuhi syarat disebabkan alasan pernah dijatuhi hukuman pidana penjara dengan ancaman lima tahun lebih dan telah mempunyai kekuatan hukum tetap. Kemudian terdapat satu pasangan calon yang pada saat pengumuman tersebut belum dinyatakan memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat, tetapi KPU Nias memberikan catatan memerlukan klarifikasi lebih lanjut.

Hal itu berkaitan dengan syarat pendidikan yaitu, pendidikan SMP dan SMA atas nama F Laiya yang berketepatan sebagai bupati incumbent 2005-2010. Sehingga hingga saat ini pasangan ini belum dinyatakan memenuhi syarat atau tidak.

“Pemilu Nisel telah mempunyai pengalaman buruk, yakni diperintahkannya pemilu ulang oleh Mahkamah Konstitusi. Kami tidak ingin kejadian itu terulang kembali, karenanya KPU Sumut secara terus menerus melakukan pendampingan dan bimbingan dalam mempersiapkan pilkada,” kata Irham Buana.

Anggota KPU Sumut Turunan B Gulo juga merangkap sebagai Koorwil untuk KPU Nisel, pihaknya mempunyai alasan kuat untuk memberikan perhatian khsusus untuk pilkada Nisel. “Monitoring secara khusus yang dilakukan KPU Sumut terhadap KPU Nisel jangan diartikan sebagai bentuk intervensi. Karena hal itu bagian kewajiban yang diatur oleh Undang-undang,” ujar Gulo.

Gulo menjelaskan, awalnya dirinya memberikan saran kepada KPU Nisel melalui seluler terhadap keberanian dalam penetapan pasangan calon. Namun ada kesan sengaja untuk memperlambat dan mengulur-ulur waktu dalam melakukan klarifikasi, bahkan tidak dilakukan secara mendalam.

Parahnya, pesonil KPU Nisel mengabaikan dokumen verifikasi dan mengambil keputusan berdasarkan asumsi-asumsi. “Jika ini dibiarkan maka akan mengancam keberlangsungan pilkada pada 2 Desember,” ujar Gulo.

Puncaknya, saat Gulo menyampaikan kepada salah seorang anggota KPU Nisel, bahwa KPU Sumut telah membentuk Dewan Kehormatan. Namun satu jam kemudian Gulo menerima ancaman melalui pesan singkat.

“Saya bukan takut, tapi saya tidak menantang, karena sebelumnya juga sering menerima ancaman,” ujar Gulo.

Persoalan ini sudah disampaikan resmi ke Poldasu dan dirinya minta perlindungan hukum, sekaligus mengusut siapa orang-orang yang terlibat dalam kasus ini. Diminta Kapoldasu memberikan perhatian khusus terhadap stabilitas keamanan di Nisel, karena sudah ada potensi kerawanan pasca penetapan pasangan calon kepala daerah. (sug)

Sumber: www.analisadaily.com

5 Responses to “Anggota KPU Sumut Diancam Bunuh”

  1. 1
    Wardaniman Larosa Says:

    Sekiranya ancaman itu benar,maka saya menyarankan kepada Bapak KPU agar jangan takut akan berbagai macam bentuk intimidasi yang di lontarkan oleh masyarakat-masyarakat yang tidak bertanggung jawab itu.
    Saya harap kepada Bapak agar maju terus pantang mundur demi menegakkan keadilan dalam hal Pemilu Kada ini.
    Kalau ada hal-hal seperti itu,langsung laporkan saja kepada pihak yang berwajib agar kasus seperti itu di proses melalui kaidah hukum.
    Terima kasih……..!

  2. 2
    petrus Says:

    Kami mendukung sepenuhnya asalkan kpud prov benar2 independen dan bukan karena terkontaminasi oleh pengaruh pihak lain. selemat berjuang pak gulo….

  3. 3
    F.Laia Says:

    Maju terus pak gulo.kami masyarakt nisel tau kalau pak gulo tidak berkepentingan dlm pilkada nisel.tegakkan hukum supaya anak-cucu-cicit kami merasakan manfaat sebuah pemekaran daerah.jujur kami katakan selama fahuwusa menjadi bupati nisel tidak ada ubahnya sebelum pemekaran,malah merosot.klu bkn kehadiran BRR,WVI dan NGO lainnya,awai khonia nda’aga masy.lahusa,gomo ba umbunasi.KKN menjamur dimana-2,penerimaan cpns wajib nyetor ke ibu,penempatan pejabat yg amburadul,pengerjaan proyek asal ibu senang(AIS)dsb.Targetnya dia wajib menang PILKADA ini!klu tidak maka dia menikmati hari-2nya dipenjara akibat KKN yg berjemaah selama ini!~Pantas main ancam segala.emangnya nyamuk,emangnya dia TUHAN.ok.

  4. 4
    Penggaris Rakyat Says:

    Kepada Yth.

    Para Politisi di Nias Selatan baik itu politisi tua maupun politisi MUDA dan tidak terkecuali para politicik.

    Saya sarankan agar tetap tenang dan berlakulah selayaknya sebagai MANUSIA YANG BERADAB dan tidak mengancam-ngancam apalagi memprovokasi.

    Politik tetaplah Politik, namun POLITIK YANG BERADAB juga penting. Mari Kita BANGUN PERADABAN yang baik karena nama NIAS ataupun NIAS SELATAN juga barangkali adalah bagian dari diri KITA.

    Ir.TURUNAN GULO, MM, Adalah Satu-Satunya Putra Nias di KPU Sumatera Utara . Dia punya track record yang baik dan layak di teladanin dalam prinsip dan tekad perjuangan untuk rakyat kepulauan nias secara khususnya dan masyarakat sumatera utara secara umumnya.

    Jika anda putra/putri, orang tua, kakek-kakek ataupun nenek-nenek dan terutama KAUM MUDA, maka sungguh layak kita BERBANGGA dengan Pak Turunan Gulo tersebut.

    NAMUN, JIKA HALNYA ada ORANG yang berbuat jahat TERHADAP NAMA TERSEBUT DI ATAS, siapapun dan sehebat apapun dia, baik yang memprovokasi ataupun yang merencanakan dan semua yang terlibat BERKOLUSI maka siap-siaplah ANDA di kutuk oleh alam semesta dan jagad raya beserta isinya.

    UNTUK PARA PENGANCAM, KAMI SEMUA PARA PEMUDA/I GENERASI PEJUANG AKAN MENJADI LAWAN ANDA. DAN SEKALI KAMI BERTINDAK MAKA PARA PENJAHAT KELAS TERI INI AKAN RATA DENGAN TANAH. OLEH KARENA, KAMI AKAN MENEKUK ANDA DARI SEGALA PENJURU RUANG KEHIDUPAN. DI MANAPUN ANDA LARI,KAMI AKAN ADA MENGGEROGOTI PENJAHAT KELAS TERI SEPERTI INI, KAMI TIDAK PERNAH TAKUT UNTUK MENGGILAS ORANG-ORANG PENGANCAM SEPERTI INI OLEH KARENA KAMI TERINTEGRASI KUAT DALAM BERBAGAI RUANG KEHIDUPAN YANG TIDAK AKAN PERNAH DIPIKIRKAN OLEH ORANG-ORANG BODOH.

    ORANG LAPUK PASTI AKAN HANCUR, SETIDAKNYA AKAN MENGHANCURKAN DIRINYA SENDIRI.

    DARI PENGGARIS RAKYAT
    PELINDUNG UNTUK BUNG TURUNAN B.GULO

  5. 5
    ss Says:

    berdamailah demi kemajuan nisel’dan semangat dlm memeprjuangkan hak hak org kecil’semoga pilkada tahun ini berjalan dengan sukses,
    dan tuhan memberi kita pemimpin yang benar benar takut akan tuhan.dan semoga dgn adanya pemimpin yg baru,kita semakin bersatu dan meniadakan perbedaan yg slma ini trjdi,.ini harapan kami sebagai masyarakat kecil;

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

September 2010
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930