Bantuan Dari Pemerintah Jepang, Bupati Nias Serahkan 2 Instalasi Pengolahan Air

Saturday, December 9, 2006
By nias

MEDAN ( Berita ) : Bupati Nias Binahati B Baeha SE menyerahkan dua unit instalasi pengolahan air yang merupakan bantuan Pemerintah Jepang untuk dikelola Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi.
Kepada Berita di Medan, Jumat (08/12), Kepala Public Relations PDAM Tirtanadi, Ahmad Thamrin, menjelaskan, Pemerintah Jepang memberikan bantuan dua unit instalasi air bersih Moawo dan Tumori secara cuma-cuma sebagai wujud komitmen Pemerintah Jepang untuk membantu masyarakat khususnya di kawasan itu setelah Pulau Nias diguncang gempa 28 Maret 2005.

Penjelasan ini disampaikan berdasarkan informasi dari Mr Shojo Hasegawa dari JICS (Japan International Coorperation System) mewakili Pemerintah Jepang saat menyerahkan bantuan ini kepada Bupati Nias Binahati B Baeha, SE di Gunung Sitoli, baru-baru ini. Saat itu, juga dilakukan peresmian bantuan tersebut.

Oleh Bupati Nias Binahati B Baeha SE, bantuan dari Pemerintah Jepang berupa dua unit instalasi pengolahan air selanjutnya diserahkan kepada Direksi PDAM Tirtanadi diwakili Direktur Perencanaan dan Produksi Ir Subahri Ritonga MM.

Mr Shojo Hasegawa menjelaskan, bantuan Pemerintah Jepang ini diberikan melalui program rehabilitasi dan rekontruksi Nias untuk sarana air minum yang mengalami kerusakan sehingga terganggunya pelayanan air minum di Kota Gunung Sitoli.

Pemerintah Jepang memberikan bantuan dua unit instalasi air bersih Moawo dan Tumori dengan kapasitas masing-masing 10 liter/detik termasuk pemasangan pipa pengantar ke eksisting, distribusi dan pipa dinas ke pelanggan dengan total 12.750 meter serta 200 unit sambungan rumah.

Diharapkan, dengan adanya bantuan ini,penduduk Kota Gunung Sitoli Kabupaten Nias kelak dapat menikmati air minum sesuai dengan standar kesehatan serta kuantitas dan kontiniutas pelayanan yang berjalan dengan baik.

Bupati Nias Binahati B Baeha SE mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Jepang yang telah memberikan bantuan sarana instalasi pengolahan air minum kepada penduduk Nias khususnya di Kota Gunung Sitoli sehingga dengan bantuan tersebut penduduk sudah dapat menikmati air minum yang memenuhi standard kesehatan yang sebelumnya telah mengalami kerusakan saat bencana gempa bumi terjadi.

Kepada PDAM Tirtanadi, Bupati Nias Binahati B Baeha SE mengharapkan dapat merawat instalasi tersebut dengan baik mengingat keberadaan PDAM Tirtanadi Propinsi Sumatera Utara telah melakukan kerjasama operasional (KSO) dengan PDAM Tirta Umbu Kabupaten Nias dalam pealyanan air minum penduduk Kota Gunung Sitoli melalui Kantor PDAM Tirtanadi Cabang Nias.

Sedangkan Direktur Perencana & Produksi PDAM Tirtanadi Ir Subahri Ritonga MM menyampaikan terimakasih kepada Bupati Nias, JISC Kepang dan unsur Muspida yang telah membantu terealisasinya bantuan dari Pemerintah Jepang tersebut untuk sarana air minum penduduk di Nias.

Lebih lanjut Ir Subahri Ritonga MM mengungkapkan, dengan adanya penambahan produksi dari kedua instansi ini, diharapkan akan dapat meningkatkan cakupan pelayanan air minum yang dilakukan PDAM Tirtanadi Cabang Nias di Kota Gunung Sitoli yang saat ini masih rendah berkisar 27 persen dengan jumlah pelanggan 4.000 pelanggan.

Dijelaskannya juga, sampai saat ini operasional PDAM Tirtanadi Cabang Nias masih disubsidi dari kantor pusat. Sehingga nantinya, target MDG (Millinium Development Goal) untuk 2015 dengan target 80 persen untuk perkotaan, dapat terealisasi.

Pelaksanaan pembangunan instalasi air bersih Moawo dan Tumori telah dimulai 6 Januari 2006 dan selesai 30 Nopember 2006 dengan konsultan PT Arkonim Engineering Manggala Pratama dan kontraktor pelaksana Glynwed Pipe System (Asia) Pte Ltd Singapura. (irh)

*Sumnber: Berita Sore, 9 Desember 2006

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

December 2006
M T W T F S S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031