Gubsu Setuju Terbitkan Rekomendasi Provinsi Kepulauan Nias

Wednesday, February 12, 2014
By susuwongi

Gubsu Gatot Pujo Nugroho | Tubasmedia.com

Gubsu Gatot Pujo Nugroho | Tubasmedia.com

NIASONLINE, JAKARTA – Penantian yang lama atas rekomendasi Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) atas pembentukan Provinsi Kepulauan Nias akhirnya berakhir. Gubsu Gatot Pujo Nugroho siap menerbitkan rekomendasi tersebut.

Hal itu terungkap setelah Gubernur Gatot bertemu dengan lima kepala daerah dari Kepulauan Nias, anggota DPRD Sumut asal Kepulauan Nias dan para pengurus Badan Persiapan Pembentukan Provinsi Kepulauan Nias (BPP PKN). Pertemuan di gelar di Jakarta, pada Rabu (12/2/2014) pagi.

Para kepala daerah yang hadir adalah Bupati Nias Selatan Idealisman Dachi, Bupati Nias Utara Edward Zega, Bupati Nias Sökhiatulö Laoli, Walikota Gunungsitoli Martinus Lase. Sedangkan Bupati Nias Barat Adrianus A Gulö tidak hadir. Dari BPP PKN hadir Ketua Umum Hermit Hia yang juga Wakil Bupati Nias Barat, Sekum Faböwösa Laia dan perwakilan BPP PKN Medan dan Jakarta.

Dari DPRD Sumut, hadir lengkap. Yakni, Restu Kurniawan Sarumaha, Analisman Zalukhu, Sudirman Halawa, Elezaro Duha dan Ramli.

“Puji Tuhan, Pak Gatot mau memberikan rekomendasi tersebut demi kesejahteraan masyarakat Nias,” ujar Restu kepada Nias Online di Jakarta, Rabu (12/2/2014).

Restu menambahkan, dalam pertemuan itu, Gubernur Gatot juga menyampaikan harapannya. Kalau Kepulauan Nias menjadi provinsi, dia berharap Kepulauan Nias bisa bersaing dengan daerah lain. Terutama dari potensi wisata diharapkannya bisa bersaing dengan Provinsi Bali.

“Kalau hati kecilnya, dia ingin kita tetap bersatu di Sumut. Tapi, demi kesejahteraan masyarakat Nias, dia siap memberikan dukungan itu,” tegas dia.

Namun Restu mengatakan, wujud surat rekomendasi itu baru akan diperoleh dalam beberapa hari mendatang, paling lama sebelum batas akhir penyerahan semua persyaratan ke Kementerian Dalam Negeri pada 20 Februari 2014.

Pasalnya, selain rekomendasi Gubsu, BPP PKN juga harus menyiapkan peta Kepulauan Nias yang saat ini sedang disiapkan bersama Badan Geospasial.

“Kita masih tunggu satu lagi, yakni draft peta Kepulauan Nias, belum keluar. Itu juga perlu ditandatangani oleh Gubsu. Rencana Jum’at ini sudah diterima. Setelah itu, di bawa ke Medan untuk ditandatangani Gubsu sekalian dengan rekomendasi. Supaya tidak bolak-balik,” kata dia,

Restu juga yakin, Gubsu tidak akan berubah pikiran lagi terkait komitmennya menerbitkan rekomendasi tersebut.

“Ini (pernyataan Gubsu, red) sudah bisa kita pegang. Kita tidak perlu kuatir. Kita harapkan, sebelum 20 Februari 2014 sebagai batas waktu penyerahan terakhir persyaratan di Kemendagri, rekomendasi sudah diterima,” tandas dia.

Peserta pertemuan dengan Gubernur Gatot | RKS

Peserta pertemuan dengan Gubernur Gatot | RKS

Sebelumnya, kepada Nias Online, Restu menjelaskan, pertemuan dengan Gubsu tersebut diawali dengan pertemuan dirinya dan Analisman Zalukhu dengan Gubsu. Dari situ disepakati untuk melakukan pertemuan di Jakarta pada hari ini.

Pertemuan dilakukan di Jakarta karena bersamaan dengan adanya kegiatan para kepala daerah termasuk dari Sumut di Jakarta. Jadi, kata dia, pertemuan di Jakarta lebih karena pertimbangan efisiensi dan efektifitas.

Rekomendasi Gubsu adalah salah satu dokumen penting yang sangat diperlukan untuk memuluskan pembentukan Provinsi Kepulauan Nias. Dokumen tersebut merupakan syarat administrasi mendasar yang harus dimiliki yang juga akan dipertimbangkan menjadi dasar bagi pemrioritasan pembahasan oleh Komisi II DPR RI dan pemerintah beberapa waktu mendatang.

Seperti diketahui, usulan pembentukan Provinsi Kepulauan Nias telah mendapat persetujuan DPR dengan diterima dan disetujuinya usulan tersebut menjadi Rancangan Undang-Undang (RUU) inisiatif DPR pada tahun lalu. Provinsi Kepulauan Nias adalah salah satu dari 65 DOB yang diusulkan tersebut. Selanjutnya, awal tahun ini, Presiden SBY telah menerbitkan Amanat Presiden (Ampres) yang menyetujui pembahasan tersebut.

Meski Ampres telah diterbitkan, Kemendagri juga telah diminta DPR untuk melakukan verifikasi kelengkapan persyaratan pembentukan DOB tersebut. Dari hasil verifikasi itu akan ditentukan mana dari 65 usulan DOB itu yang akan masuk daftar prioritas pembahasan. (en)

Tags:

13 Responses to “Gubsu Setuju Terbitkan Rekomendasi Provinsi Kepulauan Nias”

Pages: « 1 [2] Show All

  1. 11
    Bambowo Laiya Says:

    MOHON MAAF MAU TANYA APAKAH REKOMENDASI PEMBENTUKAN PROVINSI KEPULAUAN NIAS ITU SUDAH DITERBITKAN ATAU BELUM ? MUDAH2AN JANJI GUBSU TIDAK BERUBAH UNTUK MENERBITKAN REKOMENDASI YANG SANGAT DIBUTUHKAN ITU.

  2. 12
    Peringatan Hulu Says:

    moga terwujud,,sukses slalu …

  3. 13
    Dominikus Ndruru Says:

    Pak Gatot, Semoga Tuhan Memberkatimu…..
    Mari Sukseskan Provinsi Kepulauan Nias…

Pages: « 1 [2] Show All

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

February 2014
M T W T F S S
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
2425262728