Mengenal Penyakit Kawasaki

Saturday, January 3, 2009
By susuwongi

VIVAnews – Anak aktor John Travolta dan Kelly Preston, Jett Travolta tewas di usia 16 tahun. Serangan jantung mengambil nyawanya. Namun sejarah kesehatan Jett mengungkap, sejak kecil Ia mengidap penyakit Kawasaki.

Penyakit mematikan yang ditemukan Dr Tomisaki Kawasaki di jepang, 1967 silam. Namanya pun diambil dari nama sang penemu. Di Indonesia, kasus Kawasaki ditemukan 1996 bahkan sebelumnya.

Kawaski biasanya menyerang balita. Lebih banyak laki-laki, ketimbang perempuan.Walaupun tidak menular, Kawasaki perlu jadi perhatian khusus. Sebabnya jika terlambat didiagnosis dapat menyerang pembuluh darah jantung. Akhirnya memicu penyakit jantung koroner pada usia muda. Seperti yang dialami Jett.

Penyebabnya diduga kuat dari yang infeksi yang berfek pada gangguan sistem kekebalan tubuh. Dunia medis belum dapat memastikannya.

Gejala
Gejala awal demam tinggi mencapai 41 derajat Celcius. Suhu tubuh fluktuatif selama lebih dari 3 hari. Jika demam tidak diobati, bisa terus berlangsung hingga 4 minggu. Antibiotik pun tak mampu menghilangkan demam.

Bercak merah biasanya muncul 2 sampai 3 hari setelah demam. Mata, lidah, dan bibi memerah. Biasanya juga terjadi pembengkakan kelenjar getah bening hingga kadang mirip penyakit gondong.

Selain itu nyeri pada persendian juga kerap dikeluhkan penderita. Pengelupasan kulit di ujung jari tangan dan kaki, juga cekungan berupa garis melintang pada kuku kaki dan tangan juga perlu diwaspadai.

Komplikasi ke jantung biasanya terjadi hari ke 7 atau 8 sejak demam dimulai. Diawali dengan pelebaran pembuluh, lalu terjadi penyempitan bagian dalam, atau saumbatan. Aliran darah dari otot ke jantung jadi terganggu. Hal ini dapat menimbulkan kerusakan otot jantung.

Penderita Kawasaki harus mendapat perawatan dan pengawasan dokter ahli jantung anak. Karena dikhawatirkan terjadi komplikasi jantung.

Pengobatan
Karena penyebab penyakit Kawasaki belum ditemukan, pencegahannya pun belum dapat dipastikan.

Namun untuk meredakan gejala Kawasaki, Imunoglobulin bisa jadi opsi. Obat dari plasma donor darah ini mampu menekan risiko kerusakan jantung. Penderita Kawasaki membutuhkan 2 gram per kilogram berat badannya. Harga 1 gram Imunoglobulin sekitar Rp 1 juta. Jika pengobatan intensif tidak berhasil, operasi pintas koroner bahkan transplantasi jantung adalah alternatif solusi lain.

Kematian dapat terjadi pada penerita yang terlambat mendapat penanganan. Puncaknya terjadi pada 15 hingga 45 hari setelah demam dimulai.

Namun waspadalah. Kematian mendadak dapat terjadi bertahun-tahun setelah fase akut. Kawasaki dapat merusak katup jantung yang menimbulkan kematian mendadak beberapa tahun kemudian.

Seperti yang dialami Jett Travolta. Ia masuk rumah sakit di usia 15 bulan. Divonis mengidap Kawasaki, Jett terpaksa menjalani hidup dengan jantung yang cacat, akibat aliran darah koroner yang terganggu. Ia lalu meninggal akibat kerusakan jantung.

Sayangnya, pemeriksaan laboratorium untuk penyakit ini tidak ada yang khas. Sebagai alternatif, pemeriksaan jantung menjadi hal yang sangat penting. Termasuk EKG dan ekokardiografi (USG jantung). Untuk kasus Kawasaki yang berat, ultrafast CT scan, MRA (Magnetic Resonance Angiography) maupun kateterisasi jantung diperlukan.

Sumber: VIVAnews

One Response to “Mengenal Penyakit Kawasaki”

  1. 1
    siska Says:

    Adik saya juga meninggal karena kawasaki syndrom.Almh menderita kawasaki dari baru lari. (1999)Tapi keluarga baru tau setelah berumur 9bln krn saat itu demam tinggi.tapi tidak di obati lebih lanjut.karena tidak pernah ada komplikasi.hingga puncak nya tgl 4 april 2009,Almh demam tinggi.tapi tidak turun juga padahal sudah di beri obat penurun panas.sabtu sore muntah darah.dan malam nya di larikan ke RS.saat itu Almh msh bisa jalan sendiri ke IGD.setelah sampai di IGD,adik saya langsung koma.Tapi minggu pagi jm 00.15 Almh menghembuskan nafas nya yg terakhir.
    Sangat singkat proses nya. Tidak sampai 24 jam.Foto torak nya menunjukkan Jantung nya membesar.
    KIra nya Pemerintah dan orang2 kesehata lebih gencar lagi untuk mensosialisasikan tentang kawasaki.agar tidak ada lg bayi dan anak2 yang meninggal karena kawasaki.

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

January 2009
M T W T F S S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031