Lion Air Butuh 600 Lulusan SMA Untuk Dididik Jadi Pilot

Tuesday, November 13, 2007
By susuwongi

JAKARTA – Maskapai swasta nasional Lion Air akan menginvestasikan sebanyak US$ 20 juta pada 2008 untuk program perekrutan dan pendidikan sebanyak 300 pilot. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi kebutuhan pilot untuk 122 pesawat baru yang telah dipesan. Juga untuk kebutuhan akuisisi atau pembentukan maskapai baru di sejumlah negara Asean.

“Pada 2008, Lion Air akan menginvestasikan US$ 20 juta untuk merekrut 300 pilot yang akan dididik dari awal. Sedangkan, 300 orang berikutnya akan direkrut pada 2009. Itu untuk memenuhi kebutuhan pilot dengan berdatangannya 122 pesawat Boeing 737-900ER yang telah dibeli,” ujar Humas Lion Air Hasyim Arsal Al Habsy kepada wartawan di Jakarta, Selasa (13/11).

Selain itu, pendidikan pilot tersebut juga untuk mengantisipasi rencana mengakuisisi atau pun pembentukan anak perusahan Lion Air yang direncanakan diwujudkan dalam waktu dekat di Vietnam, Thailand dan Malaysia. “Nanti, kita berharap, pesawat-pesawat di sana diterbangi oleh pilot-pilot Indonesia,” kata dia.

Dia menjelaskan, pilot-pilot itu akan direkrut dari lulusan SMA dan akan diseleksi untuk mendapatkan pendidikan pilot selama 14 bulan di Lion Facility Village di Cengkareng. Dia menuturkan, pendidikan akan dimulai awal 2008 dan dilanjutkan pada tahun berikutnya. “Itu untuk memenuhi kebutuhan sebanyak 600 pilot dengan kedatangan seluruh pesawat hingga 2012,” kata dia.

Dia menjelaskan, selama pendidikan, setiap calon pilot membutuhkan dana sebesar US$ 40-50 ribu. Jumlah itu jauh lebih besar dengan biaya pendidikan di Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) sekitar US$ 35 ribu. Menurut dia, biaya tersebut memang besar karena akan menggandeng lembaga berlisensi internasional dari International Civil Aviation Organization (ICAO) di Australia. “Standar pendidikannya tinggi, lulus dari sana juga sudah bisa menyandang ‘pangkat’ Bar I dan langsung bisa ikut menerbangkan pesawat jet sebagai co-pilot,” jelas dia.

Gandeng Asing

Hasyim mengungkapkan, untuk pendidikan pilot tersebut, Lion Air menggandeng dua lembaga pendidikan penerbang asing, yaitu Flight IDEA dari Australia dan ST ATAS. ST ATAS merupakan lembaga pendidikan penerbangan kerjasama Australia dan Singapura namun berbasis di Australia.

Dia menjelaskan, kualitas pendidikan kedua lembaga tersebut sudah diakui di dunia internasional dan juga telah dimanfaatkan negara sekitar seperti Filipina dan Singapura untuk mendidik penerbang-penerbang handal pada pesawat komersial.

Hasyim memaparkan, kerjasama tersebut, selain karena pertimbangan kualitas dan bisa mencetakan pilot dalam waktu pendek, juga karena keterbatasan lembaga serupa dalam negeri untuk mencetak penerbang. Karena itu, pilot-pilot yang direkrut tersebut akan diikat dengan ikatan dinas setelah menjalani pendidikan. “Dengan lulusan sekolah pilot tersebut, minimal seorang pilot akan memperoleh pendapatan minimal Rp 500 juta per tahun. Tentu saja, jumlah itu akan meningkat seiring dengan jam terbang dan statusnya,” ucap dia.

Dia menuturkan, untuk kebutuhan pendidikan tersebut, fasilitas pendidikan Lion Air di Cengkareng akan dilengkapi dua simulator untuk jenis Boeing 737-900 pada Desember 2007 sedangkan dua lainnya menyusul pada 2008.

Rencananya, akhir bulan ini, Lion Air akan mengumumkan pembukaan pendaftaran bagi yang berminat menjadi pilot. Diharapkan, setelah melalui seleksi ketat, pendidikan pilot yang akan dibagi menjadi delapan angkatan tersebut (satu angkatan 25 orang) akan dimulai pada awal 2008.

Mungkin Anda punya saudara atau pun kenalan, memiliki kualifikasi fisik dan akademik untuk menjadi pilot, silahkan bersiap memanfaatkan kesempatan ini. Berdasarkan informasi dari Hasyim, lulusan SMA jurusan IPA lebih diutamakan. Silahkan tunggu informasi berikutnya. (enehe)

26 Responses to “Lion Air Butuh 600 Lulusan SMA Untuk Dididik Jadi Pilot”

Pages: « 1 2 [3] Show All

  1. 21
    Ifan Bagus Syafana Says:

    Ass.Saya berminat sekali mejadi Pilot,namun saya sudah kuliah semester awal di Fakultas Teknik di salah satu Universitas Swasta di Surabaya.Apakah bisa saya mendaftarkan diri? kmudian apakah ada syarat2 yang menganjurkan harus fressgraduated dari SMA? Adakah kesempatan bagi saya? dan kapan informasi selanjutnya dapat saya peroleh? Terima kasih.

  2. 22
    andri Says:

    saya masih kurang jelas dgn informasi tntng biaya untuk mengikuti pelatihan pilot yg di adakan pihak loin air??????
    apakah dari setiap calon peserta pelatihan pilot ini di kenakan biaya pribadi atau memang sudah di tanggung dari pihak lion air????/

    mohon di jawab sejelas-jelasnya.
    mohon di balas k email saya.

    terima kasih

  3. 23
    rio Says:

    -apakah program tersebut milik pemerintah? (ikatan dinas)
    -tolong berrikan informasi yang lebih mendetail tentang program penerimaan pilot tsb,, (syarat, biaya, contact person)
    reply ASAP!

  4. 24
    hafiz Says:

    kakak saya sangat berminat dengan lowongan pilot ini.tapi belum tahu informasi lebih lanjutnya.tolong dong informasinya lebih jelas.syarat,biayanya,dll.saya sangat mengharapkan informasi ini… please informasinya…..

  5. 25
    cahyo tri aprianto Says:

    Sprtx mnrk, aq blh iktn g? cz aq llsn D3 Poltek Mlg usia 23th. Pernah aq dpt infrmsi kl iktn jd pnerbang di Lion usia max 23th. aq bs g y? thx

  6. 26
    etisnehe Says:

    Salam,

    Informasi lebih lengkap mengenai penerimaan pilot tersebut, Lion Air telah iklankan di koran Kompas pada Sabtu, 17 November 2007, halaman 57 (klasika-karier).

    Berikut persyaratannya:

    1. Lulus SMU, umur maksimal 23 tahun, sehat jasmani
    2. Tinggi badan 167 cm/berat seimbang
    3. Photo terakhir close-up dan 1 badan
    4. Informasi dan pendaftaran: setiap senin-jumat jam 10.00-15.00 di Lion Tower, Jl. Gajah Mada No. 7, Jakarta Pusat

    Selanjutnya urusan Anda dan pertanyaan lanjutan seperti yang sudah berulang ditanyakan di sini, tidak akan dilayani.
    Selamat berjuang, sampai jumpa dalam penerbangan bersama Anda.

Pages: « 1 2 [3] Show All

Kalender Berita

November 2007
M T W T F S S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930