Meebo dan Bahasa Nias

Sunday, December 3, 2006
By nias

Oleh: Yustinus Waruwu

Meebo (Mouse Exonic Evidence Based Oligonucleotide) adalah sebuah media obrolan berbasis web yang menyatukan semua semua IM (instant messaging) tanpa membutuhkan perangkat lunak (software) dalam PC atau Notebook. Media ini sangat cocok untuk digunakan dalam perjalanan (mobile); di warung internet, bandar udara yang menyediakan layanan internet gratis sebagai layanan pemakai jasa. Meebo ini sendiri digemari oleh kalangan muda sebagai media percakapan atau obrolan yang tak terpisahkan. Maka tidak heran sejak peluncurannya, Meebo diakses oleh sekitar 60 juta orang setiap harinya.Meebo dan Li Niha
Kalau kita melihat usaha menghadirkan Meebo Li Niha saat ini, sesungguhnya bukanlah usaha yang baru. Jauh sebelum usaha ini sudah dimulai oleh mereka yang punya kepedulian akan budaya dan bahasa Nias. Bila kita menelusuri di internet dan menyimak dengan teliti Topik-topik dalam Situs Yaahowu; Wawancara, Bahasa Nias, Budaya dan secara khusus Kamus Nias Online tampak jelas usaha melestarikan budaya dan Bahasa Nias tersebut.

Kepedulian para tokoh kita di atas, mendorong kita untuk meneruskan usaha mulia yang sudah dimulai sejak lama. Kita tertantang meneruskan kepedulian yang sudah tumbuh itu bagaikan mata rantai yang menyatu dari generasi ke generasi. Dari dedikasi di atas muncullah ide dan semangat: mari kita teruskan semangat dan usaha para leluhur dan para tokoh kita dan mecoba mewujudkannya dalam kegiatan nyata.

Supaya usaha di atas menjadi nyata, salah satu usaha sederhana yang telah direalisasikan adalah menanamkan bahasa Nias dalam sistem Meebo Li Niha (lihat link di sebelah kiri bawah). Selain mendukung usaha melestarikan bahasa dan budaya Nias, Meebo Li Niha serentak menjadi media promosi bahwa bahasa Nias itu dapat dipakai sebagai alat komunikasi, baik secara lisan dan tulisan maupun dalam bahasa teknik sistem dan teknologi zaman modern ini.

Untuk mendukung usaha itu, kita membutuhkan tempat untuk berdiskusi, itulah alasan kuat, kita buka Milis Li Niha. Di samping tempat kita berdiskusi, saya mengidam-idamkan bahwa Milis Li Niha akan menjadi bagian tak terpisahkan dengan Kamus Nias Onlie. Sementara itu Meebo Li Niha menjadi bagian hasil nyata siap pakai dari hasil diskusi dan hasil terjemahan bersama.

Wajah “meebo li niha”, saat ini adalah berkat kerja sama dan hasil diskusi dari Milis Li Niha; secara khusus kita berterima kasih kepada: Apollo Lase, E. Halawa, Frans Zai, Fidelis Harefa, M. Zega, Metodius Sarumaha dan semua anggota Milis Li Niha, yang telah ikut serta dalam perbaikan bahasa “meebo li niha”.

Semoga usaha sederhana melestarikan bahasa Nias tetap berjalan terus, seturut perkembangan jaman dan dunia teknik komunikasi dan teknologi. Usaha ke depannya adalah “bermimpi”: mungkin, oleh generasi kita dapat meneruskan usaha itu, bahwa segala aspek harian kita seperti Voip, Skype, HP dan PC dapat diakses dalam “Li Niha” bahasa kita sendiri.

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

December 2006
M T W T F S S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031