Liputan Lebaran Nias 2006 (6)

Tuesday, November 28, 2006
By nias

GENERASI MUDA NIAS YANG MEMILIKI KEPEDULIAN
Oleh: Ilham Mendröfa

Ekses perubahan dan kinerja BRR sebagai instansi pemerintah yang mengelola perubahan dalam konteks rehabilitasi dan rekonstruksi kehidupan masyarakat Nias juga dikritisi oleh komponen muda masyarakat Nias.

Secara tidak sengaja penulis mendokumentasin sebuah selebaran/poster atau ajakan komunitas mahasiswa Nias yang peduli dan kritis terhadp kinerja BRR.

Penulis tersadar, bahwa gempa yang meluluh-lantakkan sendi kehidupan masyarakat Nias, juga melahirkan komunitas muda yang kritis yang mampu tampil memberikan alternatif pemikiran terhadap realitas yang terjadi dalam masyarakat.

Penulis sangat senang, karena komunitas muda Nias yang berstatus mahasiswa ini sudah masuk ke tahap peduli.

Di tengah jalan menuju Saombö, Penulis juga melihat ucapan selamat lebaran dari sebuah organisasi mahasiswa Islam. Aktifitas komunitas mahasiswa ini menjadi modal besar untuk menuju masyarakat Nias yang madani.

Penulis sempat mampir di IKIP Gunungsitoli dan sempat berbincang dengan beberapa mahasiswanya. Saudari Masdiarti Zega, mahasiswa semester lima KIP menjelaskan bahwa aktifitas mahasiswa di Nias sangat banyak. Hal-hal yang mengarah kepada kepedulian kebijakan publik menjadi fokus dan tema bahasan diskusi.

Penulis mencatat sebuah pernyatan penting dari teman-teman mahasiswa STIE dan IKIP Gunungsitoli.

Mereka meyakini bahwa Nias tidak punya peluang kedua untuk mendapatkan bantuan dan sorotan internasional pasca gempa, sehingga apa yang ada hari ini harus berlangsung optimal.

Generasi yang tumbuh remaja sekarang harus menjadi generasi dewasa yang tangguh dan mandiri. Karena kalau program bantuan BRR dan seluruh program NGO itu gagal, maka kehidupan masyarakat Nias akah semakin gelap dan suram. Semoga BRR menjadi institusi pemerintah yang baik dan sukses menjalankan tugasnya sampai 2009. (bersambung)

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

November 2006
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930