Teror Berbalaskan Kasih

Friday, November 24, 2006
By nias

Berikut ini disajikan sebuah kisah dari Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi Afrika Selatan (South Africa’s Truth and Reconciliation), yang dibentuk setelah negara itu baru saja meninggalkan politik “apartheid” beberapa tahun lalu. Semoga menjadi bahan renungan. (Red)

Seorang ibu tua berkulit hitam berjalan tertatih-tatih memasuki ruang pengadilan. Di ruang itu telah hadir sejumlah polisi berkulit putih, di antaranya Mr. V. yang baru saja diadili sehubungan dengan pembunuhan yang dilakukannya terhadap suami dan anak dari ibu itu.

Ibu tua itu masih mengingat dengan jelas ketika Mr. V membawanya ke tempat suaminya ‘diamankan’, diikat dan dipukul, dan diletakkan di atas kayu-kayu yang telah dengan sengaja disusun. Seraya para petugas menuangkan bensin ke suluruh permukaan tubuhnya dan menyulut api, bapa itu berdo’a: “Bapa, ampuni mereka”.

Kini, di ruang pengadilan itu, ibu itu baru saja mendengar pengakuan Mr. V di depan Komisi Kebenaran dan Keadilan. Seorang anggota Komisi mengajukan pertanyaan kepada ibu itu: “Ibu, apa yang Ibu kehendaki ? Bagaimana seharusnya keadilan diterapkan kepada orang ini (Mr. V) yang telah menghancurkan keluarga Ibu secara brutal ?”

“Saya menghendaki 3 hal”, kata ibu memulai. “Pertama-tama saya ingin dibawa ke tempat suami saya dibakar agar saya bisa mengumpulkan abunya dan menguburkan abu itu secara layak. Saya tidak memiliki keluarga lain selain suami dan anak saya. Maka, permintaan saya kedua adalah agar Mr. V menjadi anak saya. Saya ingin Mr. V mengunjungi saya dua kali sebulan sehingga saya bisa memberikan kepadanya kasih yang masih tersisa dalam diri saya. Dan terakhir, saya ingin Mr. V mengetahui bahwa saya menawarkan pengampunan kepadanya karena Yesus Kristus mati untuk mengampuni. Ini juga merupakan keinginan mendiang suami saya. Maka, saya ingin seorang petugas menuntun saya ke arah Mr. V agar saya dapat memeluk Mr. V dan memberitahukan padanya bahwa dia benar-benar telah diampuni”.

*Dari Keep the Faith Share the Peace, Vol. 5, no.3, 1999

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

November 2006
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930