DPRDSU: Proyek IREP Bantuan Bank Dunia Berbiaya 1 Juta Dolar AS Dibangun di Nias dan Nisel

Saturday, June 28, 2008
By nias

Medan (SIB) – Komisi A DPRD Sumut dan DPD HIMNI (Himpunan Masyarakat Nias) Sumut menyampaikan, proyek pembangunan IREP (Infrastrukture Rekonstruktion Enabling Program) bantuan Bank Dunia atau ADB (Asia Deplovment Bank) berbiaya 1 juta Dolar AS atau setara dengan Rp900 miliar sudah mulai dibangun di Nias dan Nisel.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Komisi A DPRD Sumut Drs Penyabar Nakhe dan Ketua DPD HIMNI Sumut Ir Sudirman Halawa, SH kepada wartawan, Kamis (26/6) di Medan menanggapi dimulainya pengerjaan proyek IREP di Nias dan Nisel.

Proyek IREP ini, tambah Sudirman, dikhususkan untuk pembangunan ratusan kilometer infratruktur Jalan Kabupaten, Jalan Propinsi dan Pelabuhan Laut di Nias dan Nisel, seperti pembangunan Jalan Gunungsitoli menuju Alasa – Tumula (termasuk Jalan Propinsi).

Selain itu, katanya, akan dipergunakan untuk perbaikan Jalan Gunungsitoli – Lahewa – Afulu, Jalan Lahusa – Gomo, Jalan Sarahili – Oyo – Tuhemberua (Jalan Kabupaten) serta pembangunan 25 jembatan yang sudah hancur, tersebar di kedua kabupaten itu.

“Sedangkan pembangunan di sektor pelabuhan, akan dikucurkan untuk proyek Pelabuhan Gunungsitoli, Teluk Dalam dan Lahewa,” ujar Sidirman senada dengan Penyabar Nakhe sembari menyatakan proyek bantuan Bank Dunia ini saat ini sedang dalam pengerjaan tahap awal.

Berkaitan dengan itu, Sudirman yang juga Wakil Ketua Biro Hukum dan Ham DPD Partai Golkar ini mengharapkan kepada Pemkab, DPRD beserta seluruh masyarakat Nias dan Nisel ikut membantu dan mendukung terlaksananya proyek dimaksud.

“Apalagi proyek IREP ini merupakan bantuan Bank Dunia yang tujuannya meningkatkan ekonomi masyarakat Nias dan Nisel pasca gempa tsunami. Jika kita tidak pelihara dengan baik, kedua kabupaten itu akan tercoreng dimata dunia dan bisa diblaclist alias distop pengucurannya,” papar Sudirman. (M10/g) (SIB, 27 Juni 2008)

3 Responses to “DPRDSU: Proyek IREP Bantuan Bank Dunia Berbiaya 1 Juta Dolar AS Dibangun di Nias dan Nisel”

  1. 1
    rudiyanto Says:

    kepada bank dunia asia ADB kami dari pengajar sekaligus pengelola sekolah Mts Miftahul Huda Kedokanbunder indramayu memohon bantuan pembangunan gedung sekolah yang selama ini masih pinjam sama musolah. sekolah kami ber diri 1982 baru mempunyai 2 gedung untuk kelas 2 dan 3. ruang TU, Guru, Perpustakaan, serta Kelas 1 masih pinjam ke musolah. tolong kami untuk bisa membangun dengan bantuan Bank Dunia Asia (ADB)

  2. 2
    ade Says:

    di sebelah mana cangkingan ?
    saya dulu sering ke cangkingan ….
    mudah-mudahan cangkingan sekarang sudah tidak remang2 lagi …….
    sudah terang

  3. 3
    Hati Bening Says:

    Moga saja dananya tdk tercecer. Tp klu diserahkan kepada pemda pelaksanaannya, mk pasti akan bocor kemana-mana.

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

June 2008
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30