Gempa Cina: Dikuatirkan Ribuan Anak Menjadi Yatim Piatu

Friday, May 23, 2008
By nias

Gempa yang terjadi di Cina telah menyebabkan sekitar 5 juta terlunta-lunta dan banyak keluarga terpisah. Dikuatirkan ribuan anak menjadi yatim piatu. Demikian dilaporkan dari stadion olar raga di Mianyang, Provinsi Sichuan, Cina.

Puluhan ribu pengungsi kini tinggal di dan sekitar stadion ini karena rumah-rumah mereka hancur total akibat gempa.

Banyak dari pengungsi itu adalah anak-anak yang terpisah dari orang tuanya. Anak-anak itu mulai kuatir akan masa depan mereka, terutama apabila orang tua mereka kelak diketahui menjadi korban tewas akibat gempa.

Pemerintah Cina sudah mulai bekeja untuk mendaftarkan orang-orang yang ingin mengadopsi anak-anak ini. Nona Wang duduk di sebuah meja di luar stadion untuk memberitahukan masyarakat umum hal-hal yang berkaitan dengan hukum adopsi anak di Cina. Wang mengatakan ia menghentikan pendaftaran peminat setelah mencatat sekitar 2000 orang yang berminat mengadopsi anak-anak itu. Menurut surat kabar lokal, ribuan orang lagi berminat mengadopsi anak-anak ini.

Sebagian dari peminat mengadopsi anak adalah juga korban gempa yang harta bendanya hancur. Salah seorang di antaranya adalah Zhu yang berminat mengadopsi karena menganggap keluarganya masih jauh lebih beruntung. Rumahnya hancur, demikian juga harta bendanya. Tetapi dia dan keluarganya masih sehat, bisa bekerja jadi masih bisa menghidupi anak yang akan diadopsinya nanti. Zhu masih menunggu kabar tentang keponakannya Lu Gui Jun yang menurut perkiraannya berada di kota Beichuan, dekat pusat gempa, salah satu daerah yang paling hancur.

Karena tak berhasil mengetahui kabar keponakannya, Zhu kini mencurahkan tenaganya untuk membantu korban lain, dan dia memutuskan akan mengadopsi seorang anak.

Tetapi untuk saat ini para pejabat lokal mengumpulkan anak-anak yang sedang mencari orang tua mereka di dalam gimansium untuk melindungi mereka dari berbagai bahaya. Setelah dua bulan mereka belum menemukan orang tuanya, mereka didaftarkan sebagai yatim piatu.

Angka terakhir korban gempa bumi di Cina telah mencapai 55,000 orang. (VOA, Grd/*).

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

May 2008
M T W T F S S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031