Tentang PKPA dan Misi Kemanusiaan Di Aceh Dan Nias

Friday, December 12, 2008
By nias

A. INFORMASI UMUM
Nama Organisasi: Pusat Kajian Dan Perlindungan Anak (PKPA)
Nama Proyek: Dealing With the Future of Children Post the Earthquake In Nias
PCN NUMBER: EDUC 150 LN
Lokasi Proyek: Nias (Kabupaten Nias Dan Nias Selatan)
Kontak Person: Misran Lubis (Area Manajer)
Email: pkpanias_tsunami@yahoo.com, lubiscom@yahoo.com
Nomor Kontak: 0812 606 4126
Website: www.pkpa-indonesia.org
Tanggal Mulai: 01 November 2005
Tanggal Berakhir: 31 Desember 2008
Sektor Proyek:1) Pendidikan, 2) Kesehatan, 3) Perlindungan Anak dan Perempuan
Spesifik Lokasi: Gunungsitoli, Lahewa, Sirombu, Sawõ (Kab. Nias)
Teluk Dalam, Lõlõwau, Lõlõmatua, Lahusa (Nias Selatan)

PKPA adalah organisasi non pemerintah bersifat nirlaba, berdiri sejak tahun 1996 dan berbadan hukum Yayasan berdasarkan Akte Notaris dan Surat Terdaftar di Kantor Sosial Politik Propinsi Sumatera Utara tahun 1997. PKPA mendapat pengesahan dari Depertemen Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia tahun 2008 dengan nomor Registrasi KEPMEN HUKUM dan HAM RI Nomor: AHU-4047.AH.01.02.Tahun 2008. Kedudukan kantor pusat PKPA berada di Medan-Sumatera Utara.

Awal terjadinya tsunami tanggal 26 Desember 2004, PKPA telah memulai kegiatan tanggap darurat di Aceh-Nias dan Medan. 29 Desember 2004 merupakan awal misi kemanusiaan PKPA untuk membantu masyarakat Nias dan Aceh khususnya anak-anak. Sejumlah relawan lokal dari Nias dan Medan serta dukungan dana, bantuan obat-obatan, fasilitas belajar dan kebutuhan dasar bagi anak-anak dan kalompok perempuan. Tahun 2006 merupakan phase ke II misi kemanusiaan yang dilakukan oleh PKPA. Recovery Nias pasca gempa bumi pada phase II difokuskan untuk program-program yang sifatnya penguatan kapasitas masyarakat dan pemerintah untuk pemenuhan kebutuhan hak dasar anak dalam jangka pendek dan jangka panjang. Secara umum program PKPA selama tahun 2006 adalah:

  • Pembangunan Children Center untuk penampungan dan kegiatan anak-anak
  • Layanan Kesehatan Dasar Ibu dan Anak
  • Penyadaran Issu Kesehatan Lingungan dan Kesehatan Keluarga
  • Program Community Learning Center (CLC)
  • Program Lifelihood base on Children
  • Perlindungan dan Re-integrasi anak yang terpisah dengan keluarga
  • Rehabilitasi, Rekonstruksi dan Penguatan Manajamen Sekolah

B. PENCAPAIAN UTAMA PROJECT
Pencapaian project selama 4 tahun (2005 – 2008) adalah:

B.1 Pembangunan Children Center
Berlokasi di Jl. Patimura, desa Mudik, Gunung Sitoli Samping Makam Pahlawan seluas 200 M2 (bangunan 2 lantai berukuran 5 x 20 Meter). Fungsi dari Children Center tersebut sebagai kantor kordinasi tim relawan PKPA, Sanggar Kreatifitas dan Seni Anak Nias, Pendidikan Anak Usia Dini, Perpustakaan Mini Informasi Anak dan Rumah Penampungan Sementara Anak dan Perempuan Korban Kekerasan. Jumlah kasus yang ditangani oleh Drop in Center selama tahun 2006 – 2008 adalah 78 kasus, terdiri dari:

B. 2 Rehabilitasi dan Rekonstruksi Sekolah

B.3 Community Learning Center (Pusat Belajar Masyarakat)

B.4 Pembentukan Pos Obat Desa

B.5 Project Kebun Gizi

B. 6 Project DRR Berbasis Sekolah

B. 7 Perlindungan Anak dan Penanggulangan Buruh Anak

B. 8 Penerbitan Media Sosialisasi Anak dan Perempuan

C. PENUTUP
Bagi kami relawan PKPA membantu anak-anak di Aceh dan Nias merupakan suatu kehormatan dan kebahagiaan tersendiri karena dapat merasakan duka yang dialami anak-anak, dapat berbagi keceriaan dan bangkit bersama membangun anak Nias yang cerdas, sehat dan berakhlak mulia. Mereka adalah masa depan Nias, mereka tidak boleh terus larut dalam penderitaan, mereka tidak boleh hilang kesempatan untuk meraih masa depan yang lebih cerah.

Dalam menjalankan misi kemanusiaan di Nias PKPA menganut prinsip dasar: Sukarela, Prinsip kepentingan terbaik bagi anak, Koordinasi dan kerjasama, Partisipasi Komunitas dan Menghargai kearifan lokal. Dalam pelaksanaan program PKPA menjalin hubungan kerjasama ditingkat lokal terutama dengan BRR NAD-Nias dan Pemerintah Lokal. PKPA juga menjadi bagian dari Working Group Child Protection, Siaga Bencana dan Forum Kemanusiaan lainnya yang diorganisir oleh UNORC.

Kami sangat berterima kasih kepada semua pihak yang terus mendukung misi kemanusiaan PKPA, Kepada Pemerintah Kabupaten Nias dan Nias Selatan khususnya Bupati Nias Bapak Binahati B. Baeha, SH, Kepolisian Resort Nias dan Nias Selatan, TNI, Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi NAD-Nias (BRR), UNICEF, UN WHO, UNORC dan Teman-teman Child Protection Meetting Group, terima kasih juga kepada International NGOs, National NGOs dan Local NGOs serta Masyarakat Nias dan Nias Selatan yang telah membuka pintu dan hati untuk mendukung kerja-kerja PKPA dilapangan.

Terima kasih kami juga kepada lembaga donors Kindernothilfe-Jerman, The Johanniter-Jerman, Christian Aid, CIFA-Italy, Oxfam GB dan ILO-Ipec, yang telah mendukung pendanaan dan juga assistensi terhadap pelaksanaan program PKPA di Nias. Kerjasama yang baik semoga tetap terjaga dimasa yang akan datang.

Nias, 04 Desember 2008

Misran Lubis
Area Manajer PKPA-Nias

Komentari

Kalender Berita

December 2008
M T W T F S S
« Nov   Jan »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031