Pemerintah Australia di bawah Perdana Mentri Kevin Rudd meminta rakyat Australia untuk berbelanja banyak selama masa Natal 2008 untuk ‘menghabiskan’ uang yang akan dibagi-bagikan minggu ini untuk mendongkrak (atau lebih tepat mengerem jalu kemunduran) pertumbuhan ekonomi Australia akibat krisis keuangan global.

Uang itu adalah bagian dari paket stimulus ekonomi dari pemerintah federal sebesar $A 10 miliar dolar Australia. Hari ini, Senin, para pensiunan dan keluarga mulai menerima uang ini.

Uang kontan diharapkan akan dipakai masyarakat untuk berbelanja langsung menyambut Natal ini dan dengan demikian akan mengalirkan uang ini kepada para petani dan pabrik yang menghasilkan bahan makanan dan barang-barang keperluan lain.

Dari paket ini para pensiunan akan mendapat $4.8 miliar dan keluarga $3.9 miliar dalam usaha menciptakan lapangan kerja dan memperkuat ekonomi.

Para pengusaha, khususnya para pengecer barang mengharapkan masyarakat membelanjakan uang itu dan tidak menyimpannya. Para pengusaha Ausralia sudah mulai mengeluhkan merosotnya keuntungan pada bulan-bulan terakhir, dan tidak menutup kemungkinan melakukan pemangkasan jumlah karyawan (brk*)

Facebook Comments