Pemerintah Buka Pendaftaran Cagar Budaya Secara Online Bulan Ini

Friday, May 10, 2013
By susuwongi

megalitikum gomoNIASONLINE, JAKARTA – Mulai bulan ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membuka membuka pendaftaran cagar budaya secara “online“.

Pendaftaran cagar budaya tersebut bisa dilakukan oleh pemerintah daerah ataupun masyarakat.

Dari pendaftaran tersebut, kemudian akan dinilai apakah cagar budaya tersebut masuk kategori nasional, provinsi atau kabupaten/kota.

“Yang mendaftarkan boleh pemerintah daerah, boleh masyarakat, dan yang didaftarkan bisa benda atau nonbenda termasuk musik dan tarian yang diduga sebagai cagar budaya,” ungkap Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Kacung Marijan, di Cilacap, dikutip Jum’at (10/5/2013).

Saat ini, kat adia, proses pembuatan program pendaftaran tersebut sedang dalam proses penyelesaian. Ditargetkan mulai aktif (on) pada akhir bulan ini.

Selain itu, kata Kacung, Kemendikbud juga akan membentuk tim ahli cagar budaya dalam waktu dekat.

Tim tersebut, akan memberikan rekomendasi kepada Mendikbut terkait penetapan cagar
budaya nasional.

Untuk tahun ini, tim ahli yang dibentuk adalah untuk tingkat nasional. Namun, ke depan, tim ahli untuk penetapan cagar budaya di daerah juga bisa dibentuk untuk merekomendasikan cagar budaya sesuai tingkatan daerah.

“Kalau tim penentuan cagar budaya nasional telah dilaksanakan, kita harapkan di daerah juga dibentuk tim ahli cagar budaya provinsi maupun kabupaten/kota. Tim ahli ini tidak boleh sembarangan, nanti kita bantu dalam penunjukan tim ahli termasuk sertifikasinya,” jelas dia. (EN)

One Response to “Pemerintah Buka Pendaftaran Cagar Budaya Secara Online Bulan Ini”

  1. 1
    Forum Mahasiswa Nias Selatan Says:

    Kita sepenuh hati dukung, Nias Bnagkit, bersama kita pasti bisa…., Ya’ahowu

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

May 2013
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031