Menpan: Hanya 5% PNS Kompeten di Bidangnya

Thursday, March 1, 2012
By susuwongi

Tes CPNS, Ilustrasi (www.seruu.com)

JAKARTA, NIASONLINE – Kabar mengejutkan disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar terkait kompetensi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Indonesia.

Azwar mengungkapkan, hanya 5% dari total 4,7 staf PNS di Indonesia yang berkompeten di bidangnya. Sisanya, tidak memiliki kompetensi atau hanya memiliki kompetensi umum. Para staf yang tak berkompeten itu, kata dia, umumnya bukan staf struktural.

“PNS itu ka nada atasan, ada staf. Staf itu banyak sekali. Nah, di staf ini, yang punya kompetensi tertentu itu hanya 5%. Yang lainnya hanya kompetensi umum. Dan banyak yang tidak ikut pelatihan. Jadi kan tidak punya kompetensi,” ujar Azwar di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (1/3/2012).

Dia menjelaskan, mengatasi masalah itu, pemerintah akan mengubah struktur kepegawaian sehingga mereka yang berada di struktur itu adalah orang-orang yang punya kompetensi.
Pemerintah juga akan memberikan pelatihan-pelatihan khusus dan teratur kepada para staf tersebut agar memiliki kompetensi. Selain itu, pada perekrutan PNS ke depan, selain tes kompetensi dasar, juga akan melakukan tes kompetensi bidang.

Dia mengatakan, salah satu penyebab banyaknya PNS yang tidak berkompeten tersebut karena tidak seimbangnya jumlah lapangan kerja dengan angkatan kerja. Misalnya, dalam setahun formasi PNS yang tersedia hanya sekitar 100.000, namun, angkatan kerja mencapai 3 juta orang.

“Ke depan, PNS harus dipilih yang benar-benar memiliki daya saing yang bagus dan mempunyai kemampuan,” tegas dia. (EN/*)

2 Responses to “Menpan: Hanya 5% PNS Kompeten di Bidangnya”

  1. 1
    fasaaro hulu Says:

    yhw..!

    Saya setuju,tetapi saat orang-orang berkompeten tidak ada lagi maka yang kurang berkompeten pun, harus di pake.

    thanks.

  2. 2
    nyosss Says:

    Sy rasa BUKAN krn di Indonesia tidak ada lagi org2 yg kompeten utk menjadi PNS…masalahnya adalah orang2 yg kompeten2 tersebut kalah saing dgn org2 yg mendaftar menjadi PNS dengan cara nyogok…THAT’s IT

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

March 2012
M T W T F S S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031