Hujan Deras Guyur Nias Selatan Selama 9 Jam

Tuesday, August 2, 2011
By susuwongi

FANAYAMA, NIASONLINE – Anomali cuaca sedang terjadi di Pulau Nias beberapa waktu terakhir. Beberapa warga mengungkapkan bahwa suhu panas pada siang hari sangat tinggi dari biasanya. Terasa sangat menyengat dan membakar kulit. Sebaliknya, hujan bisa turun tiba-tiba selama berhari-hari dengan volume yang banyak.

Sejak semalam, hingga tadi pagi, hujan deras tiba-tiba mengguyur dengan sangat deras. Hujan turun selama sekitar 9 jam. Mulai sekitar pukul 22.30 Wib. Setelah sempat berhenti selama lebih satu jam, hujan kembali mengguyur hingga pukul 06.30 Wib pagi ini. Hujan turun merata di berbagai wilayah, terutama di Nias Selatan.

Volume air yang sangat tinggi, parit di beberapa bagian jalan meluap. Beberapa warga terpaksa bermandi hujan untuk menjaga agar rumah tidak ‘diserang’ luberan air hujan dari jalan raya. Juga ada warga yang terpaksa bekerja ekstra untuk mengatasi luberan air yang masuk di dalam rumah karena talang air tidak mampu menampung air hujan yang terus turun.

Di Desa Bawömataluo, luapan air dari parit, khususnya di pinggir jalan raya relatif kecil. Kebetulan, pada siang hari, sebanyak 10 orang mahasiswa/i dari STKIP Nias Selatan melakukan kegiatan bersih-bersih sebagaian bagian dari program Praktik Pengalaman Lapangan Terpadu PPLT) di Desa Bawömataluo. Selain membersihkan sampah di jalan raya, juga membersihkan tumpukan sampah dan pasir yang tersangkut di sepanjang parit.

Sampai saat ini, belum ada laporan apakah ada kerusakan lain akibat hujan ‘jumbo’ tersebut. Saat ini, cuaca masih mendung meski matahari mulai menampakkan diri. Beberapa warga mulai melakukan aktifitasnya kembali. (EN)

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

August 2011
M T W T F S S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031