UPK Namõhalu diduga selewengkan dana PNPM R2PN

Tuesday, August 4, 2009
By nias

GUNUNGSITOLI – Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pulau Nias (PNPM R2PN) Kecamatan Namõhalu Esiwa, diduga melakukan penyelewengan dalam penyaluran dana PNPM R2PN.

Penyelewengan ini yang bernilai Rp16 miliar lebih kepada desa penerima manfaat yang dilaksanakan oleh Tim Pelaksana Kegiatan (TPK).

Hal ini ditegaskan ketua Tim Riset Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Nias Corruption Watch (NCW) kabupaten Nias Martin S. Buaya, tadi malam, setelah melakukan invetigasi ke lapangan di Kecamatan Namõhalu Esiwa.

Dijelaskan, dugaan kuat penyelewengan penyaluran dana PNPM R2PN miliaran rupiah di kecamatan Namohalu Esiwa, ditemukannya pada salah satu TPK di Desa Namohalu yang membidangi pendidikan pembangunan gedung SMP Negeri 1, yaitu TPK tidak memiliki gambar kerja (Bestek).

Pencairan dana terlambat karena UPK meminta pengertian kepada UPK supaya urusan cepat, hak TPK untuk membayar harga bahan ke suplier diambil alih oleh UPK.

Hal ini sangat jelas sangat melanggar dari aturan yang ada, tetapi perlakuan UPK tersebut sepertinya tidak terdengar kepada fasilitator pendamping baik FT dan FK, PJOK Kecamatan yang memiliki tanggung jawab dalam pelaksanaan program PNPM R2PN yang bertugas sebagai pembimbing dan pengawas.

Lanjut Martin S Buaya, dugaan penyelewengan penyaluran dana oleh UPK kepada TPK desa kemungkinan besar dilindungi oleh pihak-pihak yang betanggung jawab pada program PNPM R2PN di Kecamatan Namohalu Esiwa. (Waspada Online, 4 Agustus 2009)

3 Responses to “UPK Namõhalu diduga selewengkan dana PNPM R2PN”

  1. 1
    yaser Ziliwu Says:

    tindak lanjuti……….dan tangkap oknum bersangkutan jangan biarkan orang seperti itu di nias yang bermental ilmu selamat yang menimbun kekayaan sampai seratus keturunan dasar rakus……………..!!!!!!!!!!!!!!

  2. 2
    Pemain Says:

    Kayak yang benar aja lu ZILIWU. Saudara lu Dalifati udah benar belum. Buktikan jangan cuma berkoar dodol.

  3. 3
    my article tools Says:

    Awesome issues here. I am very glad to see your article.
    Thanks so much and I am looking forward to touch you. Will you kindly drop me a mail?

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

August 2009
M T W T F S S
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31