Iran Bersedia Berunding dengan AS

Wednesday, February 11, 2009
By nias

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengatakan Iran bersedia berunding dengan Amerika Serikat asalkan pembicaraan berlangsung dalam suasana yang baik dan saling menghargai. Ahmadinejad mengatakan hal ini dalam pidatonya di depan masaa di Alun-alun Kebebasan di kota Tehran, kurang 24 jam setelah Presiden Barak Obama mengatakan pembicaraan langsung (antara AS dan Iran) bisa terselenggarakan dalam beberapa bulan ini.

“Pemerintah baru AS telah mengumumkan bahwa mereka ingin menghasilkan perubahan dan menempuh jalan dialog. Sangat jelas bahwa perubahan ril haruslah mendasar dan bukan taktis. Sangat jelas bahwa bangsa Iran menyambut perubahan-perubahan ril,” kata Ahmadinejad di depan massa yang berkumpul di Alun-alun Kebebasan Tehran dalam pesta memperingati 30 tahun revolusi Iran.

“Bangsa Iran siap berunding tetapi berunding dalam atmosfir yang adil dan saling menghargai.”
Ahmadinejad mengatakan dalam perundingan itu berbagai topik dapat dibahas, seperti terorisme, pemusnahan senjata nukir, restrukturisasi DK PBB dan perang terhadap penyeludupan obat-obat terlarang.

Pemimpin Iran itu mengatakan dunia “sedang memasuki era dialog dan intelek” karena kekuatan militer tidak berhasil”, dan “tidak ingin melihat zaman gelap Bush berulang”.

Komentar Ahmadinejad menyambut komentar Obama pada konferensi pertama sejak bertugas sebagai presiden. Obama mengatakan terbuka kemungkinan suatu relasi yang didasarkan atas “penghargaan dan kemajuan bersama”.

“Harapan saya adalah, pada bulan-bulan mendatang, kita akan mencari saluran-saluran yang dapat diciptakan di mana kita bisa mulai duduk bersama dan berbicara langsung dengan usulan-usulan diplomatik yang memungkinkan kita menggerakkan kebijakan kita ke arah baru,” kata Obama.

Hubungan AS dan Iran memburuk setelah revolusi Iran pada 1979. Pihak Barat juga memiliki masalah dengan Iran yang dituduhnya mengembangkan kemampuan persenjataan nuklir. Iran berkeras bahwa teknologi nuklirnya ditujukan untuk maksud-maksud damai. (GRD/brk*)

Tags:

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

February 2009
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
232425262728