Proyek Jalan Propinsi Bawõlato-Teluk Dalam Berbiaya Miliaran Rupiah Baru Dikerjakan Sudah Hancur

Monday, December 1, 2008
By nias

Medan – Tim VII Kunker (kunjungan kerja) DPRD Sumut menemukan proyek pembangunan Jalan Propinsi Bawõlato-Lahusa- Hilialawa-Hiliganõwõ-Teluk Dalam Nias yang anggarannya senilai miliaran rupiah dari APBN 2006 – 2007, baru dikerjakan sudah “hancur-hancuran” penuh dengan lobang yang menganga.

Temuan itu diungkapkan Sekretaris Tim VII DPRD Sumut Drs Penyabar Nakhe kepada wartawan, Senin (10/11) di DPRD Sumut menanggapi hasil temuan Kunker ke daerah Nias dan Nisel (Nias Selatan).
“Berdasarkan informasi yang diperoleh tim di lapangan, cepatnya hancur jalan propinsi tersebut dikarenakan kualitas aspal sangat rendah bahkan pelaksanaannya terkesan dipaksakan untuk mengejar target sesuai kontrak yang telah ditetapkan,” papar Nakhe.

Yang paling tragisnya lagi, ujar Nakhe, jalan yang panjangnya puluhan kilometer ini, di pertengahan jalan, ada ditemukan ruas jalan sepanjang 200 meter tidak pernah diaspal, sehingga banyak lobang-lobang besar yang menganga dan kerap menimbulkan korban, karena terperosok ke dalam lobang.

“Kerusakan jalan itu paling parah terdapat di ruas jalan persisnya di Kantor Kecamatan Toma Nisel,” ujar Sekretaris DPW PDS Sumut itu sembari mendesak Dinas Jalan dan Jembatan Sumut harus bertanggungjawab dengan sesegera mungkin melakukan perbaikan.

Dalam Kunkernya ke Nias dan Nisel, kata Nakhe, pihaknya juga menemukan proyek pengadaan bronjong kawat di Sungai Batu Buaya Desa Bawõmataluo senilai Rp750 juta tidak ada fisiknya di lapangan, sehingga diduga fiktif.

“Kita telah menelusuri proyek pengadaan bronjong kawat di Sungai Batu Buaya Desa Bawõmataluo, tapi sama sekali tidak ada kita temukan fisiknya. Yang ada hanya pengadaan bronjong di Luaha Bawõnahõnõ,” ujar Nakhe sembari mengungkapkan kekesalannya. (SIB, 1 Desember 2008)

One Response to “Proyek Jalan Propinsi Bawõlato-Teluk Dalam Berbiaya Miliaran Rupiah Baru Dikerjakan Sudah Hancur”

  1. 1
    rakyat biasa Says:

    Enak sekali anggota DPR, kunker, dapat duit. Hasilnya: cuman kesal.

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

December 2008
M T W T F S S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031