Korban Gempa Cina Melampaui 12 Ribu Orang

Tuesday, May 13, 2008
By nias

DUJIANGYAN, Cina – Korban meninggal dan hilang akibat gempa Cina semakin meningkat, semntara regu-regu penyelamat mencari korban yang masih hidup di antara reruntuhan gedung-gedung sekolah dan rumah-rumah.

Kantor berita Cina Xinhua mengatakan korban yang tewas telah melebihi 12,000 orang di provinsi Sichuan, dan 18,645 masih terkubur dalam reruntuhan kota Mianyang dekat pusat gempa dahsyat yang terjadi Senin kemarin.

Surat kabar Sichuan Daily melaporkan dalam situsnya lebih dari 26,000 orang luka-luka di Mianyang.

Jumlah korban diperkirakan bertambah karena terpencilnya daerah-daerah kena bencana dan sulitnya menemukan korban-korban yang terkubur hidup-hidup.

Tipis kemungkinan para korban yang terkubur ditemukan dalam keadaan selamat. Baru 58 orang yang diselamatkan dari reruntuhan bangunan, kata Zhang Hongwei, jurubicara Kantor Seismologi Cina kepada Xinhua. Di sebuah daerah, 80 persen bangunan rusak total.

Hujan menghambat usaha penyelamatan dan sekelompok tentara penyelamat membatalkan usaha pencarian korban ke pusat gempa karena topan yang kuat, kata Xinhua.

Puluhan turis Inggris dan Amerika yang diperkirakan sedang melihat-lihat panda di daerah itu masih belum ditemukan.

Para pejabat mengajak masyarakat untuk tidak putus harapan.

“Yang selamat bisa menunggu sementara. Sekarang bukan waktunya berputus asa,” kata Wang Zhenyao, direktur divisi penanggulangan bencana pada Kementrian Urusan Masyarakat Cina, kepada para wartawan.

Perdana Menteri Wen Jiabao yang segera mengunjungi daerah-daerah bencana mengatakan usaha keras sedang dilakukan untuk membersihkan jalan-jalan dan memperbaiki jaringan listrik. Kunjungannya ke daerah bencana diekspose secara khusus pada saluran TV lokal sebagai isyarat pemerintah akan mengerahkan usaha maksimal untuk menghadapi bencana ini.

“Kami akan menyelamatkan penduduk,” kata Wen melalui pembesar suara kepada para korban yang selamat. “Selagi penduduk ada di sini, fabrik-fabrik dapat dibangun kembali lebih baik, demikian juga kota-kota dan desa-desa.”

Media lokal mengatakan regu-regu penyelamat telah mencapai pusat gempa di Wenchuan – di mana jumlah korban belum diketahui. Gempa ini berpusat di sebelah utara Chengdu, ibukota provinsi Sichuan di Cina tengah. (*)

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

May 2008
M T W T F S S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031