Antisipasi Demo Tolak Protap, Poldasu Siagakan 4 SSK

Tuesday, May 8, 2007
By nias

Medan, (Analisa)

Guna mengantisipasi terjadinya tindakan anarkis dan untuk tetap menjamin kondusifitas kemanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) selam berlangsung aksi penolakan pembentukan Provinsi Tapanuli (Protap) yang direncanakan berlangsung di gedung DPRD Sumut, Selasa (8/5) hari ini, Poldasu menyiagakan personil 4 satuan setingkat kompi (SSK). Jumlah personil itu guna memperkuat aparat Poltabes Medan.

Pengamanan aksi demo tersebut, sebenarnya menjadi tanggung jawab Poltabes Medan. Namun untuk mem-back-up, Poldasu juga menyiagakan personilnya dari Satuan Brimobdasu, Satuan Samapta, Satuan Reskrim, Satuan Intelkam, dan lainnya.

“Pengamanan ini sifatnya antisipasi saja. Tapi jika dipaksa, ya terpaksa,” ungkap Kapoldasu Irjen Pol Nurudin Usman melalui Kabid Humas Poldasu Kombes Pol Aspan Nainggolan kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (7/5) siang.

Kecuali menyiagakan personil, Poldasu juga mengimbau agar massa demonstran dan seluruh elemen yang terlibat dalam aksi itu tidak melakukan tindakan anarkis. Sebab tindakan anarkis hanya akan merugikan banyak pihak.

Dikatakan, diprediksikan jumlah demonstran yang akan bergabung menolak pembentukan Protap itu akan lebih besar dari sebelumnya. Kondisi demikain akan sangat rentan terjadinya penyusupan yang dilakuakn pihak tidak bertanggung jawab.

Menyikapi hal tersebut, Kapoldasu berharap, semua yang terlibat dalam aksi itu nantinya bisa mengontrol diri dan menghindari tindakan emosional. Sebab tanpa itu semua, hal terburuk bisa saja terjadi.

Kapoldasu juga mengingatkan, pihaknya tidak menginginkan aksi demo itu berujung layaknya aksi yang dilakukan sejumlah elemen yang mendukung pembentukan Protap beberapa waktu lalu di gedung dewan yang sama.

Agar hal itu tidak terulang, aparat kepolisian berjanji sudah menyiapkan diri menghadapi segala resiko yang akan timbul. “Kami harus sudah siap menghadapi resiko agar tidak kebobolan seperti aksi lalu (aksi pendukung Protap-red),” tandasnya. (rio)

Sumber: Analisa Daily, 8 Mei 2007

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

May 2007
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031