Reses Anggota DPRDSU Sepakat Perjuangkan Pemekaran Nias

Tuesday, May 1, 2007
By nias

G. Sitoli WASPADA Online
Anggota DPRD Sumut berjanji memperjuangkan pemekaran tiga daerah otonom baru di Kab. Nias, jika usul tersebut telah diajukan kepada DPRDSU untuk disetujui dan segera direkomendasikan melalui sidang paripurna.

Hal itu terungkap pada pertemuan sejumlah anggota DPRD Sumut asal pemilihan Nias yang sedang melaksanakan reses dengan Pemkab Nias dan panitia sementara pembentukan ke tiga daerah otonom baru, di Pendopo Bupati Nias, Sabtu (28/4).

Bupati Nias, Binahati B. Baeha, SH pada penjelasannya kepada anggota DPRD Sumut masing-masing Ketua Tim, Sombambowo Buulolo, Analisman Zalukhu, Dodi Zaman Gomo Mendrofa, Amaano Fau dan Aliozisokhi Fau yang juga dihadiri Ketua DPRD Nias, M Ingati Nazara, A. Md, Wakil Bupati Nias, Temazaro Harefa, sejumlah anggota DPRD Nias, panitia pembentukan Kab. Nias Barat, Kab. Nias Utara dan Kota Gunungsitoli, mengatakan rencana pembentukan tiga daerah otonom baru di Kab. Nias, yakni Kab. Nias Utara, Nias Barat dan Kota Gunungsitoli, beberapa tahun sebelumnya telah digulirkan dan disetujui DPRD Nias untuk diusulkan kepada pemerintah pusat.

Dijelaskan, belum lama ini pihaknya bersama utusan pimpinan DPRD Nias dan puluhan tokoh masyarakat Nias serta didampingi anggota DPR RI Asal Nias antara lain Dr. Yasona Laoli, Drs. Idealisman Dachi untuk menyampaikan usul pemekaran tiga daerah otonom baru tersebut kepada Komisi II DPR RI. Pada pertemuan itu, Komisi II sangat memberi respon positif dan berjanji dalam waktu yang tidak terlalu lama bersama DPOD Depdagri akan turun ke Nias, melihat kelayakan daerah otonom yang akan dimekarkan.

Sebagai persyaratan untuk pemekaran daerah otonom baru tersebut, Pemkab Nias bersama DPRD Nias telah mengajukan usul tersebut kepada Gubsu dan rekomendasinya telah keluar. Sementara yang masih belum adalah rekomendasi dari pimpinan DPRDSU dan untuk itu Bupati Nias mengharapkan anggota DPRD Sumut asal Nias membantu memperjuangkan hal ini agar dapat segera direkomendasi.

Pada kesempatan itu juga menyampaikan beberapa harapan kepada anggota DPRD Sumut agar dana bantuan dari pemerintah Provsu untuk Kab. Nias dapat ditambah karena beberapa tahun terakhir dana bantuan yang dialokasikan semakin berkurang. Sementara anggota DPRD Nias, Damili R. Gea, SH mengharapkan kepada anggota DPRD Sumut, agar memberi pencerahan kepada masyarakat Nias Nias yang berada di luar daerah terkait keputusan politik yang telah diambil masyarakat Nias melalui paripurna DPRD Nias yang menolak bergabung dengan rencana Provinsi Tapanuli sembari mengimbau jangan ada pemaksaan kehendak agar Nias mau bergabung.

Ketua Tim Reses DPRD Sumut, Sombambowo Buululo menanggapi usul pemekaran tiga daerah otonom baru tersebut menegaskan, mereka akan berupaya memperjuangkan usul tersebut melalui paripurna DPRDSU untuk dapat disetujui dan direkomendasikan. Sedangkan harapan Pemkab Nias tentang dana bantuan dari Provsu, pihaknya berjanji memperjuangkannya melalui PAPBD Sumut.(a35) (wns)

Sumber: Waspada, 30 April 2007

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

May 2007
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031