Hasil Suara Sementara Pilkadasung Nias Hari Kedua: Pasangan Drs. Silvester Lase-Zemi Gulo,SH Semantara Unggul 41.200 Suara

Friday, March 3, 2006
By susuwongi

Gunungsitoli, (Analisa)

Hasil penghitungan suara sementara, Rabu (1/3) pada Pilkadasung Nias 2006 hingga hari kedua, diungguli oleh pasangan Nomor Urut 3 Drs. Silvester Lase-Zemi Gulo, SH capai jumlah 41.200 suara dari 10 kecamatan di Kabupaten Nias.

Liputan Analisa melaporkan, di Kecamatan Mandrehe berjarak 79 kilometer pasangan Nomor Urut 3 meraih suara terbanyak capai 80 persen, disusul Kecamatan Sirombu dan Alasa. Sedangkan pasangan Nomor Urut 5 Binahati B. Baeha SH-Temazaro Harefa pada posisi kedua dengan jumlah suara 39.997 dari pemilih Gunungsitoli dan Lahewa.

Disusul pasangan Nomor Urut 1 Drs. Sokhiatulo Laoli-Sanudin Zebua,SH menempati posisi peringkat 3 dengan jumlah suara 31.400 suara dirangkum dari hasil suara Kecamatan Idanogawo dan Lolofitu Moi dan posisi keempat diraih pasangan Nomor Urut 2 Arkian Zebua, SE M.Si-Drs. Marthin Luther Daeli, M.Si hasil suara dari Kecamatan Sirombu dan sebagian Gunungsitoli sedangkan posisi kelima ditempati pasangan Agus Hardian Mendrofa-Drs. Bastian Zebua dengan jumlah 15.416 suara dari unggulan Kecamatan Hiliduho dan Gunungsitoli.

Pilkadasung pertama kali di Nias banyak menemui kendala di lapangan pada hari “H”, Selasa (28/2) dua hari lalu antara puluhan ribu pemilih tidak diberi hak pilihnya, akibat tidak memperoleh surat panggilan (SP) dan Model C6 sebagai syarat untuk memilih ke TPS yang telah ditentukan.

Sementara, pimpinan Aliansi Jaringan Bersatu (AJB), Ebenezer Hia didampingi Sekretaris Badan Eksekutif Pusat Lembaga Pemberdayaan Potensi Nias (LP2N) Elpin Zega yang ditemui Analisa di Gunungsitoli membenarkan banyak jumlah warga Nias tidak memberi hak pilihnya akibat tidak terdaftar pada Daftar Pemilih Tetap (DPT), ada yang tidak mendapat surat panggilan (SP) dan Model C6 dihampir seluruh kecamatan di Nias.

Selain itu tambah Ebenezer Hia usai pelaksanaan Pilkadasung pada pukul 14.00 WIB, Selasa (28/2) diadakan penghitungan suara sementara dan ternyata seperti jumlah pemilih di Kecamatan Lahewa dan Bawolato melebihi jumlah pemilih tetap capai ribuan jumlahnya. Malah ada pemilih yang memilih bukan atas namanya dan ini ditemukan di 32 Kecamatan Nias.

Ia berharap, KPUD Nias jangan salah langkah tetapi harus proaktif, dan meminta agar daerah kecamatan yang terdapat kecurangannya dilakukan Pilkadasung ulang karena itu satu-satunya jalan terbaik menyelesaikan permasalahan sesuai UU Nomor 32 tahun 2004.

Sebelumnya, ketika Ketua KPUD Sokhiatulo Harefa menerima laporan langsung Ketua AJB menyatakan untuk mengantisipasi hal itu, pihak KPUD akan undang Panwaslih Nias dalam waktu cepat, ujarnya singkat.

TAK GUNAKAN HAK PILIH
Sementara ada indikasi 70 persen dari 758.236 pemilih terdaftar yang tersebar di 32 kecamatan di Kabupaten Nias, tidak mempergunakan hak pilihnya.

Demikian, hasil liputan Analisa dari 31 TPS di Kecamatan Gunungsitoli Nias di antaranya pemilih dari penghuni Lembaga Pemasyarakatan (LP) Hilina’a Gunungsitoli dan pasien dari Rumah Sakit Umum (RSU) Gunungsitoli yang berlangsung sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB.

Sebelumnya, hasil konfirmasi Analisa di beberapa TPS antara lain Ketua KPPS TPS IV Kelurahan Ilir Kecamatan Gunungsitoli Umar B. Zebua dan Ketua KPPS TPS I Desa Mudik Susi Rahma Yanti senada mengatakan banyak pemilih terdaftar tidak mendapat surat panggilan dan tidak terdaftar pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang dikeluarkan oleh pihak KPU yang dikirim melalui PPS-PPS yang sebelumnya oleh KPU Nias mendapat data pemilih dari Dinas Kependudukan Nias.

Malah sebaliknya ada surat panggilan dan telah terdaftar di DPT namun belum sampai ke tangan pemilih dan malah nyasar ke TPS lain sehingga TPS di Nias didominasi dengan kerumunan pemilih yang hanya mempertanyakan status, surat panggilan dan kartu milik mereka. (esp/kap)

Sumber: Analisa Online, 2 Maret 2006

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

March 2006
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031