Partai Buruh diperkirakan Memenangi Pemilu 2007 Australia

Friday, November 23, 2007
By nias

Partai Buruh di bawah kepemimpinan Kevin Rudd diperkirakan akan menang dalam pemilu Australia Sabtu 24 November 2007, besok. Demikian hasil berbagai jajak pendapat yang dilakukan menjelang pemilu yang oleh banyak pengamat merupakan kesempatan terbaik bagi Partai Buruh untuk kembali memerintah Australia setelah hampir 12 tahun sebagai partai oposisi.

Jajak pendapat terakhir yang dilakukan the Age/Nielsen memberikan 57% : 43% bagi kemenangan Partai Buruh, sementara jajak pendapat Galaxy memperkirakan kemenangan tipis 52% : 48%.

Dalam kampanye yang berlangsung selama 6 minggu, hasil-hasil berbagai jajak pendapat selalu mengunggulkan Partai Buruh, meskipun Koalisi (Partai Liberal dan Nasional) yang memerintah telah mengantarkan Australia kepada tingkat kesejahteraan yang jauh lebih tinggi dari sebelumnya.

Kevin Rudd yang mengambil alih kepemimpinan Partai Buruh dari Kim Beazley setahun yang lalu mengedepankan tema-tema segar selama kampanye seperti: “Waktunya Sekarang”, “Kepemimpinan Yang Segar dan Baru”, “Revolusi Pendidikan” yang ternyata mengesankan para calon pemilih, khususnya yang meninggalkan Partai Buruh selama beberapa pemilu terakhir.

Perdana Menteri John Howard, di pihak lain, gagal mengulangi keberhasilan pesan-pesan yang mengesankan calon pemilih yang memberinya kemenangan pada pemilu-pemilu sebelumnya.

Pesan-pesan John Howard dalam minggu terakhir kampanye ditenggelamkan oleh beredarnya pamflet yang bersifat rasial dan senofobis terhadap umat Islam Australia, menuduh masyarakat Islam Australia memberikan dukungan kepada Partai Buruh dalam pemilu ini, dan menuduh Partai Buruh “lunak terhadap terorisme”. Seperti diberitakan pers Australia, pamflet itu diedarkan oleh suami dari Jackie Kelly, salah seorang calon anggota parlement dari Partai Liberal, dan beberapa anggota Partai Liberal lain.

Partai Buruh mengecam keras pamflet itu dan menuduh kubu pemerintah menghalalkan segala cara untuk bisa tetap memerintah. (*)

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

November 2007
M T W T F S S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930