Neil Armstrong Akan Dimakamkan di Laut

Saturday, September 8, 2012
By susuwongi

Neil Armstrong sewaktu masih hidup (Foto: IST)

NIASONLINE, Jakarta – Jenazah Neil Armstrong dijadwalkan dimakamkan pekan depan. Namun, proses pemakaman manusia pertama yang menjejakkan kaki di bulan tersebut tidak akan seperti biasanya.

Sama seperti ketika meninggal, pemakamannya pun lebih banyak bersifat ‘rahasia.’ Jenazahnya akan dimakamkan bukan di tempat pemakaman umum atau tempat pemakaman khusus para orang-orang berkategori pahlawan.

Jenazahnya akan dimakamkan di laut. Nah, dimana lokasi pemakaman dan bagaimana prosesinya, pihak keluarga tidak mau mengungkapkannya dan menyebut itu urusan pribadi keluarga. Waktu Armstrong meninggal pun, keluarga tidak memberitahukan dimana dan kapan persis meninggalnya.

Namun, masyarakat yang hendak memberi penghormatan terakhir, seperti dilansir situs skynews.ca, Jumat (7/9/2012), tetap diberi kesempatan. Acara itu akan digelar di Katedral Katedral Nasional di Ibu Kota Washington D.C.

Bukan tanpa alasan Armstrong disemayamkan di sana dan mendapatkan penghormatan terakhir. Sebab, di katedral itu, di sebut area yang disebut Space Window, tersimpan sebuah batu dari bulan yang dibawa pulang oleh Armstrong usai menjejakkan kaki di sana pada 20 Juli 1969.

Seluruh anggota Badan Antariksa Amerika Serikat, NASA juga akan hadir pada prosesi persemayaman jenazah pria yang meninggal di usia 82 tahun itu.

Sebagai penghormatan untuk Armstrong, pekan lalu, seluruh Amerika Serikat mengibarkan bendera setengah tiang.

Tidak hanya menjadi orang pertama yang menjejakkan kaki di bulan. Dia juga tercatat sebagai pilot pertama yang mendaratkan wahana angkasa luar di bulan karena saat itu dia juga sebagai komandan misi tersebut.

Armstrong juga dikenal dengan pernyataan singkatnya saat menginjakkan kaki di bulan, “Satu langkah kecil untuk satu orang, tapi satu lompatan raksasa bagi umat manusia.” (EN)

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

September 2012
M T W T F S S
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930