HUT ke-54 Polantas di Nias Ditandai Pemberian Piagam PKS

Thursday, October 15, 2009
By nias

Gunungsitoli – Kapolres Nias, AKBP Wawan Munawar, S.Ik, M.Si mengatakan, bila umur telah mencapai 54 tahun berarti telah matang dalam segala hal, jadi polisi lalu lintas (Polantas) juga diharapkan lebih meningkatkan aktifitas pelayanan bagi masyarakat serta dapat memperbaiki lagi perilaku anggota lantas demi untuk membangun kepercayaan masyarakat karena tugas yang diemban lantas banyak bersentuhan dan jadi etalase dengan masyarakat.

“Walaupun di pusat Pimpinan Polri dengan pesat menggaungkan dan merefleksikan berbagai disiplin berlalu lintas, namun kita di daerah dapat mengadopsi sesuai kondisi dan situasi saat ini dengan tujuan demi keselamatan bersama,” ujar Wawan di hadapan hadirin sebelum Kapolres melantunkan lagu “Sepanjang Jalan Kenangan” yang diartikannya bahwa semua pihak di jalanan anggota lantas mengabdi untuk keselamatan jiwa pengguna jasa jalan raya, di Aula Mapolres Nias, Selasa (13/10).

Dihadiri, para Perwira Polres Nias, Kepala Dinas Perhubungan Propinsi, Kepala Samsat Nias, seluruh Kanit dan Anggota Lantas Polres Nias, Mahasiswa dan Peserta Patroli Keamanan Sekolah (PKS) dan diliput Wartawan Media Cetak, Kapolres sangat menaruh salut terhadap kinerja Kasat Lantas dan jajarannya yang melaksanakan kewenangan terus meningkat baik dalam Penegakan Hukum, Prenfektif dan berbagai sosialisasi di sekolah maupun di tengah masyarakat.

Kapolres Nias pada kesempatan itu juga menyatakan syukur kepada Tuhan atas kesungguhan Satuan Lantas dalam beraktifitas di lapangan, sehingga saat ini angka kecelakaan lalu lintas di kabupaten Nias menurun. Berarti kini telah saling menyadari betapa pentingnya memahami rambu-rambu lalu lintas, malah dengan mekarnya 4 kabupaten dari Nias Induk Kapolres merencanakan pembangunan Sub Sektor di kecamatan karena saat ini dari 22 kecamatan di Nias Induk hanya ada 11 Pos dan Polsek, tapi ini semua terhambat dan harus bertahap karena faktor Anggaran sangat terbatas beserta fasilitas lainnya, kata Wawan.

Sementara, Kasat Lantas Polres Nias yang saat itu menjabat sebagai Ketua Panitia HUT Ke-54 tahun Polantas, AKP. Arifeli Zega dalam laporannya dinyatakannya bahwa thema adalah ” Melalui Peningkatan 54 tahun Polantas Bhayangkari, kita tingkatkan profesionalisme Polantas dalam memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat “, dan peringatan ini baru terlaksana karena perayaan lebaran yang ditandai dengan kegiatan sosial dan pemberian sertifikat kepada 41 orang siswa-siswi yang telah mengikuti pelatihan Patroli Keamanan Sekolah (PKS).

Laporan lain selama setahun ini Satlantas telah melakukan program (Akselerasi) seperti Quick Wins meliputi Quick Respons (patroli) dengan kegiatan meeting please di beberapa kecamatan, juga transparansi SSB dengan melakukan MOU dengan BRI pada kegiatan bayar SSB, pelayanan prima, penerangan kecelakaan lalu-lintas , kerjasama dengan Dinas Perhubungan, penyebaran brosur, pemasangan papan informasi, di jalan rawan kecelakaan, pemasangan spanduk pesan Kamseltibcar lantas, sosialisasi UU No. 22 dan MOU dengan CJS tentang tilang, melakukan razia secara irasional dan hunting serta pembentukan PKS, Polsanak laka lantas, jelas Zega.

Di akhir laporannya, AKP. Arifeli Zega mengemukakan hasil yang dicapai Satlantas turunnya angka kecelakaan lalu-lintas (laka) sebesar 30,3 persen dan 85 persen penyelesaian berkas dan pelimpahan laka tersebut. Sedangkan pengurus SIM tahun anggaran 2008 mencapai 2.906 di batas oktober 2009 meningkat konsumen mengurus SIM menjadi 3.477 naik 13 persen serta penertiban STNK tahun 2008 capai jumlah 9609 sedangkan tahun 2009 7.208 lembar, serta penertiban BPKB tahun 2008 6.163 buku dan tahun 2009 terdapat 4.227 buku, jelas Zega. (Analisa Online, 15 Oktober 2009)

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

October 2009
M T W T F S S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031