Dua Pekerja Tewas Jatuh dari Menara Tower Telkomsel Setinggi 72 Meter di Nias

Wednesday, November 19, 2008
By nias

Gunungsitoli (SIB) – Dua pekerja harian pemasangan menara tower milik Telkomsel di Desa Hilimbosi, Kecamatan Sitolliori, Kabupaten Nias, tewas mengenaskan akibat terjatuh dari ketinggian 72 meter, senin (17/11) sekitar pukul 17.30 WIB.

Kedua korban tewas yakni, Yudi Pratama (20) dan Mohamad Isar (20), keduanya merupakan warga Kuala Tanjung Matang Sijago, Sumatera Utara. Kondisi dari kedua korban tewas sangat memprihatinkan, salah satu korban yakni Mohamad Isar mengalami pecah kepala hingga mengeluarkan isi otak.

Menurut keterangan saksi mata, teman kerja korban, Mesak Simanjuntak, kedua korban sedang memasang baut bresing atau besi penyambung siku menara tower di ketinggian 72 meter tanpa menggunakan alat pengaman, namun tiba tiba, sebagian plat baja berjatuhan dari atas turut bersama dua korban. Spontan seluruh pekerja terkejut setelah mengetahui teman mereka terjatuh.

Kedua korban tewas seketika, dengan kondisi sangat mengenaskan, seorang korban mengalami pecah kepala hingga seluruh otak kepala terburai. Korban selanjutnya dibawa ke Rumah Sakit Umum Gunungsitoli untuk diotopsi.

Pantauan Wartawan SIB di tempat kejadian perkara (TKP) polisi yang dipimpin langsung Kasat Reskrim Polres Nias, AKP RA Purba memasang police line, sejumlah alat bukti berupa plat baja yang patah dan tali tambang diamankan untuk bahan penyidikan. Selain itu polisi juga membawa enam rekan kerja korban bersama seorang konsultan lapangan dari CV. Karibu selaku pelaksana proyek menara tower Telkomsel.

Kasat Reskrim Polres Nias, AKP RA Purba kepada wartawan SIB mengatakan, dari hasil penyelidikan awal bahwa insiden ini mengandung kelalaian yang dilakukan oleh pihak kontraktor dalam mengawasi pelaksanaan kerja yang mengandung resiko. Hal itu terlihat minimnya alat pengaman kerja yang disediakan terhadap pekerja. Selain itu pihaknya juga akan melakukan pemeriksaan terhadap mutu plat baja tersebut.

Hingga Selasa malam, (18/11) kedua korban masih berada di ruang jenazah Rumah Sakit Umum Gunungsitoli, Rencananya kedua korban akan diberangkatkan ke kampung halamannya di Desa Kuala Tanjung Matang Sijago Sumatera Utara, dengan menggunakan kapal very menunju Sibolga.

Sementara pada malam harinya, di lokasi kejadian, puluhan warga setempat melakukan doa tahlilan dengan membaca surat yasin, sedangkan ke enam teman korban menuntut pulang ke kampung halamannya, akibat trauma dengan insiden yang menimpa rekannya. Saat ini pelaksanaan proyek pemasangan menara tower terpaksa dihentikan sementara guna keperluan penyidikan pihak polisi.(SIB, 19/08/2008)

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

November 2008
M T W T F S S
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930