OpenOffice 3 Lebih Baik, Lebih Mantap

Tuesday, October 14, 2008
By nias

Versi terbaru dari paket aplikasi perkantoran gratis OpenOffice dari Sun Microsystems telah keluar hari ini (14/10/2008). Versi terbaru ini (Open Office 3) menurut para pakar tekonologi informasi jauh lebih baik dari versi-versi sebelumnya, dan jauh lebih cepat. OpenOffice adalah paket aplikasi perkantoran yang memiliki kemampuan dan fungsi yang hampir sama dengan Microsoft Office.

Barangkali yang paling penting diketahui pembaca ialah ‘perbedaan penting’ OpenOffice dengan Microsoft Office. ‘Perbedaan penting’ tersebut adalah: harga. Microsoft Office adalah paket yang tidak gratis, dan karenanya tidak semua orang bisa memilikinya secara legal.

OpenOffice, di pihak lain, adalah paket gratis, artinya: untuk memilikinya secara sah, Anda tak perlu membeli. Untuk memilikinya, tentu saja Anda perlu mengunduh (download) dari situs penyedia, atau mendapatkannya dari teman yang telah memilikinya.

***
Kompatibilitas dengan Microsoft Office
Karena Microsoft Office merupakan paket dengan penyebaran yang sangat meluas, maka calon pengguna OpenOffice akan menghadapi masalah ‘kompatibilitas’ paket ini dengan Microsoft Office. Hal itu disebabkankarena seseorang hampir pasti tidak bisa ‘mengisolasi’ dokumen yang dibuatnya untuk dirinya sendiri; ia hampir pasti akan ‘mempertukarkan’ dokumennya dengan pihak lain lewat komputer lain, atau mengirim dokumennya kepada pihak lain yang belum tentu menggunakan OpenOffice. Dalam keadaan seperti itu, kompatibilitas memang menjadi masalah yang harus dipertimbangkan.

Kompatibilitas tidak menjadi masalah untuk dokumen-dokumen yang ‘sederhana’, dokumen yang tidak mengandung gambar-gambar atau grafik, atau font-font khusus. Apabila sebuah dokumen memiliki hal-hal itu, maka perlu persiapan khusus.

Untungnya, dokumen yang dibuat dengan OpenOffice 3.0 bisa disimpan dalam format yang dikenal oleh Microsoft Office. Hal ini bisa dilakukan lewat perintah “Filse Save As …” seperti yang terdapat pada paket Microsoft Office.

OpenOffice memiliki komponen berikut: Writer (untuk mengolah kata), Calc (spreadsheet), Impress (untuk membuat presentasi), Base (database), Draw (untuk membuat grafik), dam Math (untuk perhitungan matematis).

OpenOffice dapat didownload di situs openoffice.org tetapi sebaiknya ditunggu selama beberapa hari lagi karena peminat sangat banyak. Kalau tidak sabar juga, proses download akan memakan waktu lama. (Catatan: Ukuran file OpenOffice sekitar 145 MB).

Bagi yang berminat mencoba paket ini, silahkan membaca informasi berikut.

  1. Microsoft Office vs. OpenOffice.org – Idealware does a head-to-head comparison of the two office suites.
  2. Sharing files between OpenOffice.org and Microsoft Office – oleh Bruce Byfield.

(brk*)

8 Responses to “OpenOffice 3 Lebih Baik, Lebih Mantap”

  1. 1
    Syauqie Says:

    Redaksi yth,

    Boleh saya sadur tulisan ini untuk website mifta.org? Tulisannya bagus.

    Ohya, tentu akan saya linkback ke sini 🙂

    Terimakasih banyak,

    Syauqie

  2. 2
    Redaksi Says:

    Sdr. Syauqie,

    Silahkan saja asal menyebut sumbernya dan membuat link ke Situs kita ini.

    Salsm,

    Redaksi

  3. 3
    Redaksi Says:

    Redaksi Mifta yth,

    Tulisan dengan judul “OpenOffice 3 Lebih Baik, Lebih Mantap” adalah tulisan dari Situs Yaahowu (niasonline.net). Sebagaimana jawaban kami kepada rekan Syauqie yang meninggalkan komentar di Situs kami, tulisan itu dapat ditayangkan di situs mifta.org asal menyebut sumbernya (niasonline.net). Mohon hal itu diperhatikan, karena ternyata dalam situs mifta.org, sumbernya tidak disebut dan link ke situs kami juga tidak diberikan sebagaimana janji rekan Syauqie.

    Mari kita saling kerja sama menyebarluaskan informasi yang bermanfaat kepada masyarakat sambil tetap menghormati karya sesama.

    Salam,

    Redaksi Situs Yaahowu
    http://niasonline.net

    Catatan Redaksi:
    Pesan ini adalah pesan yang dikirim redaksi Situs Yaahowu ke redaksi Mifta.org yang menayangkan tulisan di atas di mifta.org.

  4. 4
    Syauqie Says:

    Yth, kawan2 Redaksi Nias Online,

    Mohon maaf atas kealpaan ini, link ke Nias Online telah kami tambahkan di pembuka dan berita lengkap di website MIFTA.

    Terimakasih banyak atas pemberitahuannya 🙂

    Salam,

    Syauqie

  5. 5
    Redaksi Says:

    Terima kasih juga 🙂

    Redaksi

  6. 6
    achilles Says:

    Saya telah menginstalasi open office 3.0, setelah proses selesai ternyata program tidak bisa dibuka. Mohon bantuannya dan sent ke du_achilles@yahoo.com – terimakasih-

  7. 7
    tulung Says:

    install paket bahasa indonesianya gimana caranya?

  8. 8
    soza gea Says:

    Terima kasih

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

October 2008
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031