Tiga Warga Gidö Tewas Setelah Minum Miras

Tuesday, July 15, 2008
By nias

Gunungsitoli – Diduga meneguk minuman keras (Miras), warga Desa Sogaeadu Kecamatan Gidö Nias meninggal dunia. Korban yang tewas itu, Oktoniaman Lömbu (35) dan adiknya Buala Nitema Lömbu (32).

Mereka tewas usai meneguk miras di salah satu warung di Desa Sogaeadu. Menurut keterangan warga setempat kepada wartawan di tempat kejadian,Jumat (11/7) kedua korban Kamis (10/7) datang ke warung milik warga untuk minum minuman keras.

Usai mereka minum, tiba-tiba keduanya lemas dan muntah, lalu warga setempat membawa kedua korban ke Puskesmas Gidö untuk mendapat perawatan Medis. Naas bagi Buala Nitema Lömbu ia menghembuskan nafas terakhir, Kamis (11/7) dan Jumat (12/7) menyusul Oktoniaman Lömbu.

Kejadian yang sama terjadi di Desa Baruzö Kecamatan Gidö, seorang korban bernama Fatisökhi Waruwu (50) yang seharia bekerja di bidang peternakan di daerah Kecamatan Mandrehe, tewas di RSU Gunungsitoli, Jumat (11/07).

Menurut keterangan istri korban, Yuniria Zebua (46) suaminya meneguk miras tersebut di tempat kerjanya di Kecamatan Mandrehe.

Korban dibawa ke Puskesmas setempat, tetapi tidak ada tanda-tanda kesembuhan hingga pihak keluarga membawa korban pulang ke desanya di Baruzö Kecamatan Gidö.

Selanjutnya, pihak keluarga membawa Fatisokhi Waruwu ke Puskesmas Gidö dan lagi-lagi tidak sembuh, kemudian dilarikan ke RSU Gunungsitoli dan tidak juga tertolong lagi dan tewas di RSU Gunungsitoli.

Kepala Puskesmas Gidö Sebastianus F Mendröfa ketika hendak di konfirmasi di ruang kerjanya, Sabtu (12/7) tidak berada di tempat. Sedang menurut Dokter Martin yang bertugas di sana mengakui, ketiga korban sempat dirawat tetapi tidak tertolong lagi.

Ia menyebut, bila zat kimia yang terkandung dalam minuman sejenis alkaloid, gejalanya baru diketahui 2-3 hari. Sedang kejadian yang dialami ketiga korban masih belum ada kepastian karena jenis minuman Brandy yang dikomsumsi korban masih dalam tahap pemeriksaan di Laboratorium RSU Gunungsitoli, katanya.

Namun, ia mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan sebaiknya jangan mengkomsumsi alkohol.

Ketua DPD KNPI Nias yang bersama-sama wartawan di lokasi kejadian Sabtu(12/7) mengatakan, setelah melakukan investigasi di Kecamatan Gidö dari informasi yang sebelumnya diterima DPD KNPI Nias pihaknya mengharapkan kepada Dinas Kesehatan Nias segera menangani kasus ini secara medis, karena indikasi meninggalnya sejumlah warga akibat minuman keras merek Brandy itu.

Apalagi, tambah Ziliwu, kejadian ini bukan saja di Nias tetapi juga terjadi di Nias Selatan. Bila telah ada kepastian kematian para korban diduga akibat miras merek Brandy, agar dinas terkait melaporkannya kepada pihak Polres Nias dan menarik kembali peredaran miras itu di pasaran.

“Kita meminta kepada Kapolres Nias dan Pemkab Nias agar segera menertibkan masyarakat penjual miras yang tidak memiliki izin termasuk minuman yang terindikasi merusak kesehatan masyarakat. Karena kita melihat kejadian serupa sudah sangat meresahkan masyarakat di Pulau Nias,” ujarnya.

Keterlambatan informasi tentang pihak kepolisian dan puskesmas setempat mengakibatkan banyak jatuh korban, selaku anggota KNPI merasa sedih setelah mendegar dan melihat kejadian itu,ucap Dalifati yang juga sebagai anggota DPRD Nias.

Kapolsek Gidö AKP H Harefa ketika dikonfirmasi di kantornya tidak berada di tempat dan menurut informasi dari bawahnnya, Kapolsek sedang mengikuti rapat di Polres Nias.

Saat ditanya kejadian itu, pihkanya mengatakan hingga saat ini mereka masih belum mendapatkan laporan dari masyarakat atau pihak lain. (kap) (Analisa, 15 July 2008)

One Response to “Tiga Warga Gidö Tewas Setelah Minum Miras”

  1. 1
    Firman Larosa Says:

    Ya’ahowu,

    Saya turut prihatin atas kejadian minum minuman keras hingga seseorang menghembuskan nafas terakhir. Saya sebagai warga mohon kepada aparat yang ada di Nias untuk memberantas minuman keras di daerah Nias agar tidak merusak generasi berikut dan berjatuhnya korban-korban yang lain.

    Ya’ahowu,

    Firman Larosa

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

July 2008
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031