UCAPAN SELAMAT

Wednesday, September 19, 2007
By nias

Kepada Talifusõ Fefu- Seluruh Masyarakat Nias, saya mengucapkan: SELAMAT atas persetujuan pemekaran dari DPRD – SUMUT ini.

Seperti yang dikatakan oleh Ketua DPRD Sumut Wahab Dalimunthe SH, seharusnya pun kita (Ono Niha) di mana pun berada menyadari, bahwa “tugas dan perjuangan pemekaran Nias masih panjang. Sementara ini jangan dipersoalkan siapa yang jadi bupati/wakil bupati, tapi terpenting pemekaran ini disetujui pusat sudah bagus”.

Dengan demikian, dalam proses selanjutnya tidak terbebani masalah-masalah, terutama segi psikologis, yang tidak perlu. Apalagi kalau yang didiskuikan itu sangat mudah menimbulkan salah tafsir sehingga hal-hal yang seharusnya tidak masalah menjadi masalah.

Ketika mengartikan manusia sebagai subjek dan objek dari proses pembangunan (inti falsafah OTDA), maka identifikasi dari identitas, ciri, atau kekhasan komunitas menjadi teramat penting dan strategis.

Gagasan mengenai identitas muncul dari cara memandang terhadap budayanya dan juga terbentuk oleh cita-cita, angan-angan serta tujuannya. Maka hendaklah dengan pemekaran (kalau sudah disetujui Pemerintah Pusat) ini Ono Niha sebagai salah satu suku bangsa dalam negara kesatuan Republik Indonesia, seperti juga suku lainnya, bertanya pada diri sendiri mengenai budaya signifikan yang menunjukkan identitas, ciri, atau kekhasan Ono Niha itu dalam hidup berbangsa dan bernegara Indonesia. Diharapkan dengan pertanyaan itu, akan menimbulkan tekad, menumbuhkan kekuatan dan menjadi pedoman menghadapi masalah dilingkungan sendiri maupun nasional bahkan mondial.

Pengalaman pelaksanaan pembangunan selama ini terasa “menyakitkan”, baik karena akibat faktor alamiah atau pun karena faktor salah urus, hendaklah tidak perlu terus membuang tenaga memikirkan hal itu .Taruhlah itu pengalaman buruk dan mengambil pelajaran dari itu untuk tidak terulang. Sekarang, yang terbaik kita berupaya berbuat sesuatu untuk “perbaikan di masa depan”.

Mari bersama menjadikan peristiwa ini, kita lebih percaya diri (PD), bermentalitas membangun atas kekuatan sendiri, mengahargai waktu, dan tidak lebih senang menerima dari memberi. Hendaklah dalam diri kita masing-masing tertanam spritualitas bahwa lebih baik tidak bekerja / menjabat di Nias kalau bertujuan “demi kekuasaan atau demi mencari kekayaan atas
penderitaan Rakyat Nias”.

Ya’ahowu,

Mathias J. Daeli

Tags:

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

September 2007
M T W T F S S
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930