Dua Putra Nias Raih Gelar Doktor Theologi di STII Yogyakarta

Monday, July 9, 2007
By nias

Medan (SIB)
Dua orang putra Nias masing-masing Pdt Dr Etiknius Harefa MTH dan Pdt Dr Sozisochi Lase MA meraih Gelar Doktor Theologia dari STH Yogyakarta Indonesia setelah berhasil mempresentasekan desertasinya dan diwisuda, 25 Juni lalu di Yogyakarta.

Pdt Dr Etiknius Harefa MTh yang memilih judul desertasi, Mewujudkan Jemaat Misioner di BNKP Dipandang dari Sudut Peran kepemimpinan Satuha Niha Keriso (Penatua Gereja) dengan memfokuskan penelitian terhadap peran kepemimpinan Niha Keriso (penatua gereja) di BNKP yang dinilai belum dapat berfungsi secara efektif dan maksimal.

Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa ada indikasi lemahnya usaha gereja dalam membina potensi sumber daya para Satuha Niha Keriso yang pada masa mendatang perlu disikapi dengan sungguh-sungguh lewat program pembinaan terpadu.

Langkah yang perlu segera diambil adalah mengambil tindakan di masing-masing jemaat dan juga distrik untuk melaksanakan program pendidikan dan latihan teologia warga jemaat (PLTJ).

Sementara itu Pdt Dr Sozisochi Lase yang memilih judul desertase, “Peranan Penggembalaan dalam Membina Pertumbuhan Imam Warga Jemaat,” lebih menyoroti kehidupan manusia saat ini yang sedang dihadapkan pada masalah globalisasi dan era informasi canggih yang telah mengakibatkan berbagai efek positif dan negatif.
Sementara sebagian orang belum dapat menerima dan memasuki era canggih tersebut sehingga efek negatif yang lebih dominan.

Untuk mengendalikan dan menstabilisasikan efek negatif itu dibutuhkan peran penggembalaan sehingga pertumbuhan iman orang Kristen tidak kendor dan tidak hanyut oleh arus globalisasi dan informasi canggih.
Sozisochi yang merupakan mantan Ketua STAKN Tarutung saat ini bertugas sebagai Pengawas Pendidikan Agama Kristen pada Kantor Departemen Agama Kota Medan dan juga aktif sebagai pendeta fungsional di Gereja BNKP Medan. (M15/e)

Sumber: SIB, 9 Juli 2007

2 Responses to “Dua Putra Nias Raih Gelar Doktor Theologi di STII Yogyakarta”

  1. 1
    Noniawati Telaumbanua Says:

    Selamat dan sukses selalu dengan keberhasilan Bapak Pdt. Dr. Etiknius Harefa MTH dan Pdt Dr. Sozisochi Lase MA yang telah mencapai jenjang pendidikan doktoral. Hal ini merupakan hal yang dinanti-nantikan dan diidam-diidamkan generasi Ono Niha secara umum dan gereja BNKP secara khusus, dimana peranan para lulusan S3 asli Ono Niha sangat penting baik bagi keterlibatan dalam proses pengambilan keputusan, kompetensi, juga bagi mereka yang kelak akan mempersiapkan studi lanjutnya. Semoga semakin terberkati dan terus berkarya di BNKP dan bagi Tanö Niha.

    Ya’ahowu
    Noniawati Telaumbanua

  2. 2
    Zakharia Victor Harefa Says:

    Congratulations to My Father Pdt.DR.Etiknius Harefa.MTh
    sebagai anak dan sebagai putra nias kami bangga atas keberhasilan orang tua kami.ini merupakan bukti bahwa masyarakat nias juga bisa meraih sukses dalam dunia pendidikan.Juga merupakan motivasi besar bagi kita generasi muda Nias agar saling berpacu dalam meraih sukses.Jangan mau kalah dengan yang tua.
    Semoga orang tua kami semakin diberkati dalam tugas-tugas dan pelayanannya.

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

July 2007
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031