Ketua DPRD Nisel Harus Dibebaskan dari Segala Dakwaan dan Tuntutan Hukum

Wednesday, June 20, 2007
By nias

Medan, (Analisa)

Terdakwa Dr (HC) HM, SH,SSos harus dibebaskan dari segala dakwaan dan tuntutan hukum karena terdakwa memiliki ijazah/sertifikat Doktor (Dr) Honoris Causa (HC) Sarjana Hukum dan Sarjana Sosial secara sah sesuai keterangan saksi dari UGM-M dan dari USI.

Hal itu dikatakan penasehat hukum terdakwa Prof Dr Fritz Mangatas D. Simanjuntak SH dalam nota pembelaannya dihadapan majelis hakim diketuai Arwan Biryn SH pada sidang Pengadilan Negeri Medan, Senin (18/6).

Menurut D Simanjutak, terdakwa jelas berhak memiliki ijazah dan serifikat tersebut oleh karena itu tuntutan jaksa penuntut umum terhadap terdakwa harus dikesampingkan dan terdakwa harus dibebaskan karena jaksa salah menerapkan Undang-undang terhadap terdakwa.

Berdirinya Universitas Generasi Muda Medan (UGM-M) sejak tahun 1986 dan belum atau tidak adanya izin sebagaimana maksud pasal 73 UU No.20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional hal itu tanggung jawab pemerintah sebagaimana tertulis Pemerintah atau Pemerintah Daerah wajib memberikan izin paling lambat 2 tahun kepada satuan pendidikan formal yang telah berjalan dan pada saat UU ini diudangkan belum memiliki izin.

Jaksa harus tahu perkara pidana ini bukan masalah izin tetapi masalah sarana prasarana sesuai dakwaan jaksa jadi jangan persalahkan UGM-M, mahasiswa maupun alumni, katanya.

Atas nota pembelaan dari penasehat hukum terdakwa, maupun yang disampaikan terdakwa langsung di persidangan jaksa menyatakan tetap pada tuntutannya.

Sebelum digelar sidang pembacaan nota pembelaan di ruang utama PN Medan, puluhan massa melakukan unjukrasa di depan pintu masuk pengadilan mereka menuntut terdakwa dibebaskan dari segala dakwaan dan tuntutan jaksa serta meminta tegakkan supremasi hukum berdasarkan keadilan dan kebenaran.

Pada persidangan sebelumnya, terdakwa penduduk Jalan Pelabuhan Baru Kelurahan Pasar Teluk Dalam Kecamatan Teluk Dalam Kabupaten Nisel itu dituntut jaksa 3 tahun 6 bulan penjara potong selama dalam tahanan. Selain itu dituntut membayar denda Rp5 juta Subsider 3 bulan. (ir)

Sumber: Analisa Daily, 20 Juni 2007

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

June 2007
M T W T F S S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930