Ditemukan Baketri Yang Bisa Menumbuhkan Emas

Saturday, May 19, 2007
By nias

Bongkahan emas ternyata bisa ditumbuhkembangkan oleh sejenis bakteri. Demikian hasil penelitian Dr. Frank Reid dari Commonwealth Scientific and Industrial Research Organisation (CSIRO), Australia, yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah Science.

Gambar: Citra scanning electron bakteri pada butiran emas, diperbesar 5000 kali, dari tambang emas Hit Or Miss.

Dalam tulisan berjudul Biomineralization of gold: biofilms on bacterioform gold, Frank Reith menunjukkan bahwa bakteri memegang peran kunci dalam pembentukan butiriran emas sekunder.

Dalam studi atas butiran emas berukuran 0.2 mm hingga 2.5 mm ditemukan bahwa bakteri tertentu yang melekat pada butiran-buiran itu mengakumulasi emas dari cairan sekitarnya.

“Asal usul butir-butir emas sekunder adalah sebuah topik kontroversial yang diperdebatkan secara luas dalam masyarakat ilmiah”, katanya. “Sebuah teori menyebutkan bahwa proses-proses mikrobial terlibat dalam pembentukan butiran emas, yang mungkin berperan pada salah satu deposit terbesar di dunia, yakni deposit Witwatersrand di Afrikas Selatan”.

Dengan menggunakan teknik biologi molekuler, Dr. Reith menemukan suatu biofilm (sekelompok mikroorganisme) pada permukaan butiran-butiran emas. Penyosokan DNA (DNA profiling) atas biofilm ini mengidentifikasi 30 spesies bakteri yang unik pada butiran-butiran emas itu dibandingkan dengan tanah di sekitarnya.

Satu spesies pada semua butiran emas yang positif DNA dari tambang Tomakin Park di New South Wales dan tambang emas Hit or Miss di Queensland telah diricikan. Sekuens DNA dari species ini mencirikannya sebagai ralstonia metallidurans bacterium.

“Langkah selanjutnya adalah melihat apakah kami bisa mengamati endapan emas pada kehadiran kultur bakteri-bakteri ini”, Dr. Reid menjelaskan.

“Dengan menempatkan suatu kultur bakteri dalam emas terlarut – yang sangat berbahaya (beracun) bagi mikroorganisme – saya mengamati pengendapan emas yang aktif.”

“Bakteri ini mampu bertahan dalam kandungan emas yang bisa mematikan mikroorganisme lain”.

Penelitian Dr. Reith ini menarik minat industri penambangan emas karena teori pembentukan emas hingga saat ini tidak melibatkan pengembangan secara biologis.

“Apabila kita memiliki bateri yang dapat membuat emas dari suatu larutan, hal ini memberikan peluang untuk mengembangkan teknik pemrosesan biolgis untuk bijih emas”.

Sumber: The Advertiser, 15 July 2006 – Saturday dan dan Situs CSIRO http://www.csiro.au

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

May 2007
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031