Forum Demokrasi Mahasiswa Nias Selatan akan Mengawal Rekomendasi Hingga Provinsi Tapanuli Terbentuk

Wednesday, May 9, 2007
By nias

Medan (SIB)

Forum Demokrasi Mahasiswa Nias Selatan (Fordem-Nisel) akan membentuk Forum Bersama mendukung agar pembentukan Provinsi Tapanuli segera terbentuk karena Provinsi Tapanuli sudah “harga mati” harus terbentuk tahun 2007.

Hal itu disampaikan Dewan Presidium Mahasiswa Darnis Harita, Badan Eksekutif Mahasiswa Nopensisus Duha dan Aryanus Giawa, Kosmas Amazihono, Jumat (4/5) menanggapai dikeluarkannya Rekomendasi Pembentukan Provinsi Tapanuli oleh DPRD Sumut.

Darnis Harita mengatakan, proses pembentukan Provinsi Tapanuli telah menjadi isu hangat di kalangan mahasiswa terutama mahasiswa yang berasal dari kabupaten-kabupaten yang akan bergabung dengan Provinsi Tapanuli.

Bagi mahasiswa asal Nias Selatan melihat bahwa secara geografis Nias Selatan lebih menguntungkan bila bergabung dengan Provinsi Tapanuli disamping hubungan emosional warganya cenderung lebih dekat dengan masyarakat di Tapanuli.

Dengan terbitnya rekomendasi pembentukan Provinsi Tapanuli, mahasiswa asal Nias Selatan menyambut baik dan akan mengawal rekomendasi hingga ke tingkat pemerintahan pusat sehingga Provinsi Tapanuli segera terwujud.

Antusiasme mahasiswa Nias Selatan untuk mendukung Provinsi Tapanuli karena akan memberikan harapan baru bagi Nias Selatan mendapatkan kemajuan yang selama ini kurang mendapat perhatian. Bahkan pejabat-pejabat yang ditugaskan di Nias Selatan pada umumnya yang pernah mengalami cacata hukum.

Dengan bergabungnya Nias Selatan ke Provinsi Tapanuli maka secara administrasi dan transportasi akan lebih cepat, sehingga tidak lagi menjadi daerah pembuangan pejabat yang memiliki cacat hukum melainkan pejabat-pejabat yang benar-benar memiliki kemampuan untuk membangun dan memikirkan masa depan masyarakat. Dengan penempatan pejabat-pejabat yang bebas dari cacat hukum akan tercipta pemerintahan dan aparatur yang bersih.

Dari segi pendidikan akan lebih kurang berkembang karena akses transportasi antar pulau-pulau dan darat sudah terbuka, aspek politik juga lebih menguntungkan karena akan ada peluang penambahan kursi di tingkat legislatif baik Kabupaten, Provinsi maupun pusat. Nias Selatan juga akan memiliki nilai tawar untuk mencalonkan putra daerah pada pencalonan kepala daerah.

Langkah-langkah dukungan yang dilakukan Fordem Nisel adalah melakukan pengawalan Rekomendasi dengan menyurati pihak-pihak yang terkait dengan pengambil keputusan untuk merealisasikan terbentuknya Provinsi Tapanuli. Sementara langkah terakhir adalah turun ke jalan menyuarakan aspirasi masyarakat Nias Selatan. Dalam waktu dekat Fordem Nisel yang sudah berjuang untuk pembentukan Provinsi Tapanuli sejak tahun 2004 lalu akan melakukan Forum bersama dengan mahasiswa lainnya di Medan.

Sementara itu, mengkritisi kinerja Panitia Pemrakarsa diminta agar terus melakukan sosialisasi dan konsolidasi kepada masyarakat dengan turun ke daerah-daerah sehingga masyarakat tidak akan pernah bingung dalam memperjuangkan aspirasinya sendiri.

Fordem Nisel siap mengawal Panitia untuk turun ke Nias Selatan sehingga masyarakat yang ada di Nias Selatan bisa berkomunikasi dengan panitia dan perbedaan-perbedaan pendapat dapat disatukan. (B10/u)

Sumber: SIB, 8 Mei 2007

3 Responses to “Forum Demokrasi Mahasiswa Nias Selatan akan Mengawal Rekomendasi Hingga Provinsi Tapanuli Terbentuk”

  1. 1
    Sangatulo Says:

    Semoga tidak menutup mata dan telinga terhadap rumput yang bergoyang dan berdesir.

  2. 2
    Yanuard Amazihono Says:

    Kawan – kawan, boleh tau kan alamat SEKRET “Forum Demokrasi Mahasiswa Nias Selatan” di Medan ada ga…..? dan apa boleh bergabung dengan kawan – kawan,,,, saya pingin menyumbangkan ide, dan pingin berumul dengan kawan kawan sekalian dari Nias Selatan…………………………..Yaahowu.Saatnya Nias Selatan Maju dan Bangkit dari keterpurukan. Terimakasih….!

  3. 3
    ZAKARIA HAREFA Says:

    Yaahowu…..

    Salam Teman,…

    saya Presidium FORUM DISKUSI MAHASISAWA UNTUK DEMOKRASI INDONESIA.

    dengan ini mengundang teman2 di provinsi banten, untuk deklarasi

    silahkan kunjungi fdmd-indonesia.page.tl

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

May 2007
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031