Rekrutmen Personil BRR Distrik Nisel Dinilai Diskriminasi

Wednesday, April 11, 2007
By nias

T. Dalam, Nisel WASPADA Online
Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi (BRR) Distrik Nias Selatan dalam melakukan rekrutmen dan penempatan personil pegawai dinilai tidak trasparan, serta tidak proposianal termasuk penempatan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) banyak yang tidak layak.

Penilaian itu disampaikan Sekretaris Keluarga Besar Putra-Putri Polisi (KBP3) Nisel, Yunarius Duha, SE kepada Waspada, Senin (9/4) di Teluk Dalam, menyikapi proses rekrutmen pegawai BRR Distrik Nisel yang tidak sesuai prosedur dan berbau KKN. Menurut Duha, personil/pegawai BRR yang saat ini sudah mulai bekerja dan belum keluar SK, umumnya kerabat dari pejabat teras distrik BRR Nisel. Sehingga di masyarakat saat ini muncul opini bahwa BRR Distrik Nisel milik keluarga, bukan sebagai lembaga independen yang bertujuan membangun Nisel.

Kemudian, beberapa personil PPK yang akan ditempatkan di BRR Nisel sebagian besar tidak memenuhi prosedur dan belum layak menjadi pimpinan kegiatan. Di antara PPK yang diusulkan ada yang masih status CPNS sehingga diragukan pengalamannya memimpin suatu kegiatan yang cukup besar. Selain itu, kinerja KPA Ekonomi dan Kelembagaan BRR Distrik Nisel hingga satu triwulan dinilai tidak berhasil, karena sampai saat ini belum ada kegiatan nyata yang telah dilaksanakan.

Hal itu disinyalir karena sedang sibuk mencari staf/personil yang menjadi tenaga kerja. “Alasannya, sudah cukup kuat sebab dari sejumlah personil yang direkrut di KPA itu se-bagian besar berasal dari luar daerah Nias tanpa fit and proper test sehingga cukup beralasan bila dikatakan pejabat KPA tidak memprioritaskan tenaga kerja setempat,” tandas Yunan. Dia mengharapkan kepada Kepala BRR Regional-VI Nias, William P.Sabandar dan Kepala Distrik BRR Nisel, Ir. Siduhu Aro Dachi, MM segera mengevaluasi staf/pegawai dan para pejabat di lingkungan BRR Nisel, terutama PPK yang tidak layak dan belum memiliki pengalaman.

Kepala Distrik BRR Nias Selatan, Siduhu Aro Dachi dikonfirmasi Waspada, Senin (9/4) tidak berhasil. Menurut Asisten Kelembagan, Mukami Bali menyebutkan, Kepala Distrik BRR Nisel sedang berada di luar daerah. (cbj) (wns)

Sumber: Waspada, 10 April 2007

One Response to “Rekrutmen Personil BRR Distrik Nisel Dinilai Diskriminasi”

  1. 1
    Pemerhati Mahasiswa Says:

    Nasib mahasiswa Program Magister yang disponsori oleh BRR perwakilan Nias Selatan, hingga saat ini sangat memprihatinkan karena beasiswa yang dijanjikan oleh BRR Perwakilan Nias Selatan akan dicairkan setelah penandatangan MOU antara BRR dengan pihak perguruan tinggi hingga saat ini belum dicairkan, pada hal penanda tanganan MOU tersebut telah terlaksana pada bulan oktober lalu. Pihak BRR dalam hal ini atas nama Mukami Bali yang merupakan komite beasiswa tersebut tidak memberi penjelasan atas keterlambatan pencairan danatersebut. Pada hal konon katanya dana tersebut sudah dikirimkan ke pihak perguruan tinggi. Mukami Bali pada saat kunjungan kedua kalinya (bulan November) ke perguruan tinggi tempat masing-masing mahasiswa belajar untuk mengurus proses tersebut malah memberikan kesan buruk kepada pihak mahasiswa, ianya mengatakan bahwa beasiswa BRR Perwakilan Nias Selatan adalah uang pribadinya bukan uang negara. Bukankah ini pelecehan kinerja BRR Nias Selatan yang sengaja dilakukan olehnya, bukan kah kinerjanya merupakan pemborosan uang negara untuk membayar akomodasinya yang terus mengalir. Ini sangat merugikan negara ……………………. !!!

    Apakah ini namanya pembangunan sumber daya manusia Nias Selatan ? Atau pembangunan kantong Mukami sendiri ?

    Catatan:
    Menurut netiket (etiket bekomunikasi di internet), menulis semua kata menggunakan huruf besar adalah BERTERIAK! 🙂 Redaksi telah mengkonversi tulisan saudara Pemerhati Mahasiswa yang semuanya ditulis dalam huruf besar menjadi tulisan yang mengikuti kaidah penulisan yang wajar (Redaksi).

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

April 2007
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30