Polres Nias Amankan 34 Tenaga Kerja Tanpa Dokumen

Thursday, January 12, 2006
By susuwongi

Gunungsitoli, WASPADA Online

Petugas Pos Kepolisian Pelabuhan Angin Gunungsitoli dipimpin Aipda Hidayat bersama KP3 Pelabuhan Angin Gunungsitoli, Kamis (12/1) mengamankan 34 tenaga kerja asal Medan dan Deli Serdang yang masuk ke Nias melalui Pelabuhan Angin Gunungsitoli tanpa dilengkapi dokumen.

Dalam pemeriksaan di Mapolres Nias, pimpinan rombongan tenaga kerja, Sabar Gultom kepada petugas mengatakan, pihaknya diminta Satker BRR bidang perumahan untuk dipekerjakan di Teluk Dalam, Kab. Nias Selatan.

Selama dalam pemeriksaan, pimpinan rombongan didampingi manager pemberdayaan ekonomi BRR di Nias, Yunus Situmorang. Dia tidak dapat menunjukan dokumen kedatangan tenaga kerja ke Nias serta identitas para tenaga kerja berupa kartu tanda penduduk (KTP).

Dari 34 tenaga kerja, 20 memiliki KTP asli yang masih berlaku, delapan orang hanya menggunakan surat keterangan, dua kartu pemilih dan empat tenaga kerja hanya membawa fotocopy KTP yang sudah habis masa berlakunya.

Kasat Intelkam Polres Nias melalui Kanit I Ipda Antoni Rajagukguk kepada wartawan mengatakan, setelah dilakukan pemeriksaan dan dimintai keterangan, Yunus Situmorang baru diperbolehkan melanjutkan perjalanan menuju Nias Selatan dan selanjutnya setelah sampai di Nias Selatan diwajibkan melaporkan terlebih dahulu di Polres Nias Selatan.

Ketua LSM BPPN Fotolosa Zebua, menanggapi masuknya tenaga kerja dari luar Nias tanpa dokumen sangat disesalkan, karena hal ini merupakan salah satu bukti BRR Perwakilan Nias tidak memberdayakan tenaga kerja yang ada di Nias.

Bila dilihat dari angkatan kerja di Nias, sangat banyak yang menganggur, bahkan karena tidak adanya lapangan kerja di Nias mereka mencari kerja di luar pulau Nias.

Kalau alasan BRR merekrut tenaga kerja dari luar karena tidak tersedia di Nias, itu tidak benar. Diduga ada permainan dalam hal perekrutan tenaga kerja itu.

“Bila dilihat dari upah tenaga kerja masyarakat Nias masih dibawa standar antara 20-30 ribu per hari,” katanya. (cbj) (sn)

Sumber: Waspada Online, Kamis, 12 Januari 2006

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

January 2006
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031