Turunan Gulö (Foto: Dokumen Pribadi)

Turunan Gulö (Foto: Dokumen Pribadi)

NIASONLINE, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat secara resmi mengumumkan daftar calon tetap (DCT) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) untuk 33 provinsi di Indonesia.

Penetapan dilakukan dalam rapat pleno KPU yang dipimpin Ketua KPU Husni Kamil Manik di kantor KPU Pusat, di Jakarta, pada Rabu (28/8/2013) malam.

Berdasarkan dokumen KPU, khusus untuk Provinsi Sumatera Utara (Sumut), KPU menetapkan 24 orang calon anggota DPD. Dari daftar itu, salah satunya, putra Nias, Turunan Gulö.

Dengan demikian, Turunan menjadi satu-satunya calon DPD Sumut asal Nias dari dua orang yang mendaftar sebelumnya. Tidak hanya itu, Turunan juga menjadi orang Nias pertama yang menjadi calon anggota DPD RI.

Dari 24 calon DPD asal Sumut tersebut, dua di antaranya adalah perempuan. Beberapa nama yang sudah terkenal bahkan saat ini menjabat sebagai anggota DPD juga ada di daftar. Di antaranya, Benny Pasaribu, Parlindungan Purba dan Rudolf Mazuoka Pardede.

Secara nasional, total calon anggota DPR sebanyak 945. Terdiri dari 826 orang laki-laki dan 119 orang perempuan.

Para calon tersebut akan memerebutkan hanya empat kursi per provinsi pada pemilu 2014. Empat calon yang meraih suara terbanyak otomatis terpilih menjadi anggota DPD mewakili provinsinya.

Para calon anggota DPD itu juga diizinkan berkampanye. Bisa dengan mengangkat juru kampanye perseorangan ataupun organisasi penyelenggara kegiatan. Namun, juru kampanye yang digunakan tersebut harus didaftarkan ke KPU sesuai tingkatannya.

Masih Bisa Dicoret

Meski telah masuk dalam DCT, nama-nama dalam daftar itu, seperti dijelaskan Husni, masih bisa digugurkan.

Dia menjelaskan, pencoretan dari DCT dimungkinkan bila calon terbukti dan nyata-nyata memalsukan atau menggunakan dokumen palsu pada pencalonannya.

Pencoretan akan dilakukan setelah adanya putusan pengadilan yang berkekuatn hukum tetap.

DCT DPR RI

Sementara itu, berdasarkan penelusuran Nias Online, 13 putra dan putri Kepulauan Nias yang beberapa waktu lalu masuk DCS, juga telah ditetapkan masuk DCT anggota DPR RI.

Di Dapil Sumut II, mereka adalah Yosafati Waruwu (Partai Nasdem), Yasonna Hamonangan Laoly (PDI-P), Talihadat Bazatogu Hia (Golkar), Dermawati Harefa (Gerinda), Suasana Dachi (Gerinda), Agustus Gea (Partai Demokrat), Esther GN Telaumbanua (Hanura), Barnabas Yusuf Hura (PAN). Sedangkan di Dapil Sumut I hanya Firman Jaya Daely (PDIP).

Sementara yang berjuang ke Senayan di luar dapil Sumut sebanyak empat orang. Yakni, Okewaty Lavau (Partai Hanura) di daerah pemilihan (Dapil) Jawa Barat (Jabar) III dan Elmansyah Telaumbanua (Partai Hanura) di Dapil Riau II. Dua lainnya adalah Hermawi F Taslim (Partai Nasdem) dan Marinus Gea (PDI-Perjuangan) yang sama-sama berlaga di Dapil Banten III. (EN)

Facebook Comments