Gunungsitoli (SIB)
Danrem 023/KS Kol Inf Susiswododo kunjungan kerja perdana di Kabupaten Nias dan Nias Selatan, Senin (17/3) dalam rangka penyampaian pengarahan kepada Personil Kodim 0213 Nias menjelang pelaksanaan Pilgubsu April 2008.

Danrem 023/KS pada pertemuan di lapangan bulu tangkis Kodim 0213 Nias yang dihadiri Dandim 0213 Nias Letkol CZI Fery Kistian Arubinata dan Kasdim 0213 Nias Mayor Inf Jony Parhusip, Kasi Intel Korem 023/KS Letkol Inf Hadi S pada arahannya mengatakan seluruh personil Kodim 0213/Nias harus bersikap netral dalam pelaksanaan Pilkadasu dalam rangka memilih calon gubernur dan wakil gubernur periode 2008/2013.

Selanjutnya menegaskan harus rukun, kompak dengan rekan kepolisian dan para unsur pimpinan yang ada di Kodim 0213/Nias benar-benar membina anggota dan jangan terpancing atas isu-isu yang menyebabkan terjadi bentrok dengan aparat Polri.

Berikutnya ia mengatakan dalam kehidupan berumah tangga harus tetap dipelihara sifat rukun dan harmonis inilah harapannya kepada Kodim 0213/Nias sampai ke Koramil di Kecamatan di Wilayah Pulau Nias.

Selanjutnya Danrem 023/KS usai menyampaikan pengarahan melanjutkan perjalan ke Pendopo Gunungsitoli dan disambut oleh Muspida Nias bersama Masyarakat Nias yang diawali dengan penyambutan secara adat Nias yaitu pemberian sekapur sirih (Fame Avo) sebagaimana budaya Nias setiap datang tamu terhormat dan dilanjutkan dengan pemberian cendramata berupa Rompi Adat Nias oleh Bupati Nias Binahati B Baeha, SH didampingi oleh unsur muspida Nias dan kepada nyonya diberi selendang adat Nias oleh ketua tim PKK Nias Nyonya Bupati Nias.

Danrem pada sambutannya mengatakan setelah pasca bencana alam gempa bumi terlihat jalan di daerah kabupaten Nias cukup bagus karena dihotmix sehingga dapat dilalui dengan aman dan lancar.

Sementara, Bupati Nias Binahati B Baeha SH pada sambutannya mewakili masyarakat Nias dan atas nama pemerintah mengucapkan selamat datang ke Kabupaten Nias semoga mendapat perhatian untuk memajukan pembangunan daerah Nias.

Selanjutnya Bupati Nias mengatakan daerah Kabupaten Nias mempunyai 32 kecamatan dan empat ratus lebih desa/kelurahan dan masyarakat lebih banyak petani di bidang petani karet, kopra, coklat, cengkeh, padi.

Berikutnya Bupati Nias menjelaskan Nias telah diusulkan pemekaran daerahnya terdiri dari Kabupaten Nias Utara, Kabupaten Nias Barat dan Kota Gunungsitoli dan proses ini sedang dilakukan di DPD RI, DPR RI dan setelah itu nantinya harapannya dapat segera di realisasikan oleh Menteri Dalam Negeri.

Kondisi daerah Nias saat ini dalam keadaan kondusif dan aman terkendali, tidak ada gejolak yang mengkhawatirkan. Diharapkan kondisi ini tetap berkelanjutan di masa yang akan datang. (T15/k) (SIB, 18/03/08)

Facebook Comments