Terobosan Hukum Baru, MK Bolehkan PK Lebih Dari Satu Kali

Thursday, March 6, 2014
By susuwongi

NIASONLINE, JAKARTA – Bagi para pencari keadilan yang merasa dirugikan oleh putusan pengadilan, kini terbuka jalan baru untuk upaya mendapatkannya. Sebuah terobosan baru di bidang hukum kembali dilakukan oleh Mahkamah Konstitusi (MK). Dalam putusannya yang dibacakan hari ini, Kamis (6/3/2014), MK memutuskan bahwa Peninjauan Kembali (PK) dapat dilakukan lebih dari satu kali.

PK adalah sebuah langkah hukum terakhir dalam hirarkhi pengadilan di Indonesia setelah kasasi. Selama ini, PK seperti diatur dalam Pasal 268 ayat 3 UU KUHAP, hanya dibolehkan sekali.

Putusan MK tersebut sebagai jawaban atas pengujian undang-undang (judicial review) yang diajukan oleh mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Antasari Azhar.

“Mengadili, menyatakan, mengabulkan para pemohon untuk seluruhnya,” ujar Ketua MK Hamdan Zoelva pada pembacaan putusan di ruang sidang MK, Jakarta, Kamis (6/3/2014).

MK berpendapat, pasal 268 ayat 3 tersebut bertentangan dengan UUD 1945 sehingga dinyatakan tidak memiliki kekuatan hukum mengikat.

Terkait pengabulan judicial review tersebut, dalam penjelasannya MK mengatakan bahwa, keadilan tidak bisa dibatasi oleh waktu dan hanya dibolehkan sekali. Pertimbangannya, dimungkinkan ditemukannya keadan baru (novum) yang pada saat pengajuan PK pertama kali belum ditemukan.

MK juga berpendapat, keadilan lebih besar daripada kepastian hukum. Karena itu, dengan pembatasan PK hanya boleh sekali, maka makna keadilan menjadi kabur. Karena itu, MK menilai, permohonan Antasari tersebut beralasan hukum.

Antasari sendiri divonis 18 tahun dalam kasus pembunuhan Dirut PT Rajawali Putra Banjaran, Nasruddin Zulkarnaen. Sebelumnya, Antasari sudah mengajukan PK namun ditolak pada Februari 2012. Namun, Antasari merasa haknya untuk mendapat keadilan dengan mengajukan PK selanjutnya dihambat oleh pasal 268 UU KUHAP tersebut.

Tak hanya Antasari, pengujian UU tersebut juga dilakukan oleh adik almarhum Nasruddin Zulkarnaen yang belakangan justru menyatakan ketidakyakinannya bahwa Antasari adalah pelaku pembunuhan abang kandungnya itu. (en)

One Response to “Terobosan Hukum Baru, MK Bolehkan PK Lebih Dari Satu Kali”

  1. 1
    Frans Mend Says:

    Saya yakin bahwa pengujian Undang-undang sesuai dgn yg diharapkan oleh rakyat indonesia, tanpa penekanan dr pihak manapun.

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

March 2014
M T W T F S S
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31