Para Ilmuwan Menemukan Bakteri Bau Mulut

Tuesday, April 8, 2008
By nias

NEW YORK – Bau mulut seringkali menjadi masalah bagi banyak orang yang bisa mempengaruhi ruang sosial mereka. Namun masalah bau mulut ini mungkin akan segera bisa diatasi dengan ditemukannya organisme penyebabnya. Para pakar biologi melaporkan pada hari Sabtu 5 April lalu bahwa mereka telah menemukan bakteri penyebab bau mulut, bernama Solobacterium moorei. Demikian laporan para ilmuwan itu pada pertemuan Perhimpunan Riset Dental Amerika di Dallas.

Bau mulut yang persisten, yang sering mendera para penderitanya, sering kali disebabkan oleh kehadiran bakteri dalam mulut, yang menghasilkan senyawa belerang berbau menyengat yang melekat di permukaan lidah. “Bakteri-bakteri lidah menghasilkan senyawa-senyawa berbau menyengat dan asam-asam lemak, yang merupakan 80 – 90% dari penyebab bau mulut”, kata Betsy Clark, mahasiswa Kesehatan Gigi di State University of New York, Buffalo. Beberapa kasus bau mulut berasal dari paru-paru atau sinus.

Dalam studi yang melibatkan 21 orang dengan bau mulut kronis dan 36 orang tanpa masalah, Clark dan koleganya menemukan bakteri S. moorei pada setiap pasien yang memiliki halitosis dibandingkan dengan hanya 4 orang pada pasien yang tidak memiliki halitosis. Ke empat orang yang tidak memiliki halitosis yang terinfeksi dengan bakteri S. moorei semuanya memiliki infeksi periodontitis, suatu infeksi gigi yang juga mengakibatkan bau mulut.

Pada sebuah studi sebelumnya terhadap 8 pasien dengan halitosis dan 5 pasien tanpa halitosis, S. moorei selalu ada pada pasien dengan halitosis dan tidak ada pada pasien tanpa halitosis. “Sejumlah studi lain juga menemukan bakteri ini pada pasien-pasien halitosis”, kata Dr. Violet I. Haraszthy yang terlibat pada kedua studi itu.

Saat ini, “tidak banyak diketahui tentang organisme ini”, kata Haraszthy.

“Dengan kita mengidentifikasi dan mengetahui lebih jauh tentang bakteri ini, kita bisa mengembangkan pengobatan untuk mengurangi jumlah mereka dalam mulut,” kata Clark.

Dilaporkan juga bahwa tim yang sama telah menemukan bahwa menggosok gigi dengan pasta gigi antibakteri sebanyak dua kali sehari dan menggunakan sikat gigi yang memiliki ‘penggaruk’ lidah bisa mengeliminasi bau mulut. (YN, 07/04/08)

31 Responses to “Para Ilmuwan Menemukan Bakteri Bau Mulut”

Pages: [1] 2 3 4 » Show All

  1. 1
    restu Says:

    waduh sy jd mengerti ttg penybb bau mult, tp sy mau tya, apa sih halitosis itu.?

  2. 2
    cakep Says:

    waduh terima kasih buat infonya, tp bisa kasitau ap yg bisa membuat bau mulut itu bener-benr sembuh total, kan kita juga perlu hidup tenang dengan nafas harum dan segar,,,thanqs

  3. 3
    yurie Says:

    thanx y bwt infonya,tp apa sih tips hilangin bau mulut yg mujarab?biar nafas wangi sampe qt tua…
    thanx be4 ya…

  4. 4
    dian Says:

    saya menderita halitosis sejak kecil. saya selalu merasa tidak PD untuk bersosialisasi. mulut saya msh bau meskipun sudah gosok gigi. kata dokter gigi saya tu karna jarangnya saya buang air besar, apakah itu benar?? nengingat pada saat buang air besar saya lancar mulut saya pun tetap bau..

  5. 5
    yenny Says:

    tolong saya dong, dulu saya tidak pernah ada masalah, tapi baru setengah tahun ini, saya mengalami masalah bau mulut, sampai semua orang menghindar. tolong kasi solusinya dong. padahal saya sudah ke dokter, THT, Spesialis penyakit dalam, &dan Dokter Gigi. Tapi masih bau.Apa yang harus saya lakukan lagi?. Thanks.

  6. 6
    ira Says:

    gmn carany biar mulut g bau melulu & nafas segar? Krn sgt tdk nyaman skali sa

  7. 7
    Ramli Says:

    Istri sy jg mulutnya bau pdhl semua gigi yg mencurigakan sdh di cabut, sdh konsul ke mana2 jg tetap sm trus skrg dia lg mengandung anak pertama kami. Sy mau tanya apakah itu bisa berefek pd janin?

  8. 8
    ardi Says:

    Tolong dong saya ni pendrita Halitosis yang akut gimana cara menghilangkan bau mulut saya yang sudah akut sekitar 1 thn lbh pdhl udh cek ke mn2 tapi hslnya sm aja, apa dengan pengobatan alternatif gus nuh ini bs dismbkn?

  9. 9
    dimazy_peace Says:

    saat ini sedang digodog formulasi penghilang halitosis oleh tim kami di FKG UGM, doakan berhasil
    kalau terbukti klinis akan saya comment lagi disini

  10. 10
    ghie emirates Says:

    aq pgn nie sembuh total
    tp gmn y cranya

Pages: [1] 2 3 4 » Show All

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

April 2008
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930